Lombok ….Pesonamu begitu menawanku

“Seperti biasa ya pak, jemput setelah shalat isya saja..!” Ucapku ketika mengakhiri pembicaraan telpon dengan Pak Salim seorang yang begitu setia mengantarku ketika menjalani tugas kantor. Memang tugasnya sebagai seorang driver perusahaan untuk selalu siap kapan dan kemanapun karyawan akan bertugas. Ya…perjalanan kali ini adalah perjalan tugasku untuk yang kesekian kalinya dan tak terhitung sudah berapa kali jalan poros provinsi antara Kutai Timur – Balikpapan sudah ku lewati. Terbayang masih 8 jam lagi untuk sampai di Bandar udara internasional Sepinggan Balikpapan, jika kami berangkat setelah isya kemungkinan besar akan sampai di bandara pada shubuh nanti. Perjalanan darat Sengatta – Balikpapan sangat melelahkan, bukan hanya dari jaraknya yang begitu jauh tetapi jalan yang penuh lubang bahkan rusak yang setiap kali mengancam pemakai jalan. Bagaimana tidak setiap hari puluhan bahkan mungkin ribuan truk-truk besar pengangkut spare part alat berat melewati jalan ini, karena perusahaan tambang batu bara terbesar di dunia KPC berada di Sengatta Kutai Timur.

Sesaat setelah mendarat

Sesaat setelah mendarat


Ternyata perjalanan kali ini aku harus mampir dulu di Juanda Surabaya,
Untung saja pesawat kali ini berangkat pagi-pagi sekali, dengan harapan aku bisa istirahat lebih lama di kota Mataram. Kota yang begitu mempesona dengan suasana mirip seperti Bandung, kota yang telah menempaku menjadi seorang seperti sekarang ini. Dingin dan pemandangan menakjubkan dari hamparan sawah menghijau dan pesona gunung rinjani yang angkuh menjulang dengan ketinggian 3.726 Mdpl yang pasti menghipnotis setiap orang yang melihatnya. Termasuk aku yang terobsesi dengan memberi nama anak perempuanku sesuai nama gunung ini. Konyol memang, ya tapi itulah kenyataannya sampai saat ini aku masih belum kesampaian untuk menikmati pesona danau segara anak dan mencumbui tanah basah serta berlari di sabana gunung tersebut. Terbayang berlari di ketinggian dengan udara tipis, dan nafas yang tersengal menikmati hamparan sabana dan suara beberapa ekor monyet di sekitarku. Ah… Insyaallah suatu saat nanti, aku akan kembali untukmu dan mencumbui hutanmu. Dengan cuaca yang cukup cerah bisa kulihat pesona keindahan pulau lombok dengan hamparan sawah sepanjang perjalanan menuju kota Mataram.
Lombok Tengah

Lombok Tengah


Sisi lain Bandara baru

Sisi lain Bandara baru


Menginap di Hotel Lombok Raya yang berada di jalan Panca Usaha, memungkinkan aku untuk kembali memburu beberapa souvenir sebelum melanjutkan perjalanan menuju Lombok Timur untuk melanjutkan menyebrang kapal Ferry menuju Sumbawa Barat. Malam yang menyenangkan dengan hotel yang sangat baik dengan fasilitas kamar yang agak mirip dengan rumah petak serta harga yang cukup murah untuk kondisi hotel yang terbilang mewah ini. Akses ke tempat belanja pun tidak terlalu jauh, hanya dengan berjalan kaki kita bisa memilih souvenir dengan harga yang cukup murah di sekitar hotel tersebut. Aneh, baru perjalanan pergi sudah membeli souvenir apalagi nanti ketika pulang dan menginap di sini lagi. Tapi dengan harga yang tidak berbeda jauh dengan daerahku sepertinya hal ini wajar saja, karena masih ada sedikit uang perjalanan dinas dari perusahaan yang masih bisa ku pakai.
Pesona Rinjani

Gunung Rinjani


Pesona Rinjani

Gunung Rinjani


Menatap pesonanya dari jalan poros menuju Kota Mataram….
Pesona Rinjani

Gunung Rinjani


Pesona Rinjani

Gunung Rinjani


Pagi jam 06:00 Wita, akhirnya aku berangkat untuk melanjutkan perjalan kembali menuju Lombok Timur kemudian menyebrang Ferry ke Tano Sumbawa Barat dikarenakan speed boat milik Newmont dalam kondisi perbaikan. Meski agak kecewa karena perjalanan yang semestinya hanya 2 jam jadi 5 jam, akhirnya dengan berbesar hati aku putuskan untuk menyebrang naik ferry daripada harus kembali menginap di Lombok dan menambah lama waktu untuk menyelesaikan tugas kantor.
Menuju Maluk

Menuju Maluk


Tak sia-sia, ternyata perjalanan 1 jam dengan kapal ferry begitu menyenangkan, dengan suguhan pesona pantai yang indah begitu menggodaku. Subhanallah, pulau yang sangat indah serta lengkap mula dari hamparan sawah, gunung dan kini lautnya. Tak terasa sampai juga kaki ini di tanah sumbawa barat, dan masih menyisakan 3 jam menuju Hotel Yoyo.
Nelayan dengan ikan pari

Nelayan dengan ikan pari


Pemandangan dari Ferry

Pemandangan dari Ferry


Di hotel inilah kembali aku akan menginap, untuk menyelesaikan tugas kantor di Site Batu Hijau PT Newmont Nusa Tenggara. Semoga saja hotelnya bagus dan pemandangannya tidak kalah berbeda dengan suasana mataram, karena yang ku tahu di Kota kecil bernama Maluk ini masih banyak terlihat kuda yang di lepas oleh pemiliknya untuk mencari makan.

Hotelnya cukup baik dengan pemandangan bibir pantai dan pasir putih, tetapi sangat di sayangkan tidak ada warung maupun toko di dekat sini. Toko terdekat berjarak 30 menit berjalan kaki, karena tidak ada angkutan sama sekali melewati daerah tersebut. Sangat di sayangkan, pesona pantai dengan pasir putih dan ombak yang cukup besar untuk kegiatan surfing masih belum tersentuh campur tangan pemerintah daerah. Coba sedikti saja di perbaiki, kemungkinan besar pantai ini akan ramai dikunjungi wisatawan. Seminggu di Sekongkang membuatku berpikir mungkin satu saat aku akan kembali ke sini dan menikmati desiran angin dan gulungan ombak pantai sekongkang dan pantai maluk. Semoga saja kelak aku kembali, karena kini aku harus kembali ke kalimantan timur untuk menunggu tugas kantor yang lainnya.

Sedikit oleh-oleh dari perjalanan Sengatta – Sumbawa…

Pantai depan Hotel

Pantai depan Hotel


Menikmati pasir putih

Menikmati pasir putih


Kuda Sumbawa

Kuda Sumbawa


Kuda Sumbawa

Kuda Sumbawa

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s