Aquatic Beach Dan Segala Macam Aturannya

Belum lengkap rasanya dua tahun hidup di Sengatta jika belum mengunjungi Aquatic dan Tanjung Bara, apalagi mungkin ini adalah kesempatan terakhir sebelum berangkat menuju belahan bumi lain di bagian selatan pulau Kalimantan. Pantai ini tepat terletak di bibir selat makasar dan terletak di kabupaten Kutai Timur provinsi Kalimantan Timur. Tentunya dengan berbekal Id KPC yang masih berlaku dan mempersiapkan diri dengan APD (Alat Pelindung Diri) karena pelabuhan ini berada di area penambangan batu bara milik PT Kaltim Prima Coal.

Pengapalan Batu Bara

Pengapalan Batu Bara


Pelabuhan Tanjung Bara

Pelabuhan Tanjung Bara

Untuk masuk ke area aquatic ini diperlukan beberapa persyaratan khusus, seperti KTP, Id karyawan KPC dan safety helmet. Jadi jangan sekali-kali mencoba masuk ke area ini jika anda tidak memakai helm, karena tentu saja security KPC akan menahan anda agar tidak memasuki area pertambangan. Akses ke area ini sebenarnya cukup mudah jika kita memiliki beberapa persyaratan tersebut, karena kita melalui jalan hauling tambang KPC. Jadi bisa di bayangkan betapa berbahayanya jika anda berada di jalan tersebut, apalagi bagi anda yang belum familiar dengan aturan di area pertambangan.

Tugu

Tugu


Memasuki kawasan Tanjung Bara banyak ditemukan monyet dan ada pengumuman bertuliskan “do not feed the monkey” jangan memberi makan monyet. Mungkin supaya monyetnya hidup alami, sehingga tidak terbiasa makan dengan cara mudah dari pemberian atau belas kasihan manusia. Kawasan ini memang berada di wilayah hutan bakau sehingga tidak hanya monyet yang bisa dijumpai disini ada juga buaya muara dan buaya air asin yang terkadang melintasi jalan menuju aquatic beach.
Gazebo

Gazebo


Tidak jauh dari situ ada papan yang bertuliskan CAUTION CROCODILE…!!!, kemungkinan ada buaya lewat jalan ini, karena memang Buaya di Sengatta terkenal karena ukurannya dan masih banyak di temukan di area tambang ! Itu belum seberapa, di dekat pantainya sendiri ada pengumuman lagi yang bertuliskan hati-hati daerah sini ada jellyfish (ubur-ubur), stingfish (ikan pari), stonefish (ikan kerapu batu) selain crocodile (buaya).

Pengumuman-pengumuman tersebut sudah ada sejak dahulu kala, akan tetapi bedanya kali ini kami perhatikan benar-benar karena ada pengumuman kecil tentang kejadian yang terjadi 25 Maret lalu saat seorang anak yang sedang berenang tersengat oleh sesuatu yang diperkirakan sebagai ubur-ubur kotak (box jellyfish) yang berujung pada kematian. Jadi jangan pernah berpikir untuk berenang ataupun snorkling di Aquatic beach, jika tidak mau berurusan dengan buaya air asin, Ikan pari dan ubur-ubur kotak. Beruntung, saya tidak pernah ingin mencoba untuk berenang di pantai ini…

Salah Satu Peringatan :D

Salah Satu Peringatan šŸ˜€

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s