Menggapai Tebing Klapa Nunggal – Cileungsi

Tebing Klapa Nunggal yang terletak di Klapa Nunggal kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor ini telah menghasilkan beberapa atlit panjat profesional di lingkungan Kabupaten Bogor, kabupaten Bekasi dan sekitarnya. Letaknya yang berada di area pertambangan kapur milik PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk ini dahulu ketika pertengahan tahun 2003an sempat akan diratakan oleh sang pemilik lahan. Dengan perjuangan beberapa rekan-rekan pecinta alam se-Jawa Barat & Jakarta akhirnya perusahaan urung untuk meratakan tebing tersebut dan sampai saat ini mungkin lokasi tebing masih dipakai untuk tempat berlatih teman-teman FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia).

Medannya Lumayan Sulit

Akses yang mudah dari arah Cikarang jika kita naik kendaraan adalah dari arah Warung Bongkok kemudian masuk ke dalam Kawasan Industri MM2100 dan carilah jalan keluar yang menuju ke Pasar Setu Bantar Gebang. Setelah melewati pasar, ambil jalan lurus menuju ke arah Kampung Gaok Bekasi kemudian Cileungsi. Jika telah sampai dipersimpangan Cileungsi, ambil jalan lurus ke arah Bogor dan jangan sampai mengambil arah ke kiri yang menuju Jonggol atau ke kanan menuju Cibubur Jakarta Timur.
Bukit Jempol

Berhati-hatilah di persimpangan ini, karena keadaan yang masih sedikit tidak teratur dari parkir angkutan umumnya. Setelah melewati persimpangan, jalan raya yang membentang cukup lebar menuju ke arah kabupaten Bogor. Bisa dilihat di sebelah kiri dan kanan jalan banyak perusahaan berdiri, hal ini mungkin disebabkan lokasi yang strategis dekat dari jakarta. Beberapa saat sebelum memasuki Klapa Nunggal, ada jalan ke arah kiri yang menuju ke tebing tersebut. Pelankan laju kendaraan, karena kemungkinan besar kita akan sedikit bingung dibuatnya karena jalannya cukup sempit.
View Sunrise

Kurang lebih 10-15 Kilometer, kita bisa sampai di tanah lapang milik perusahaan semen ini. Suasana panas yang menyengat sangat terasa disini dikarenakan area ini merupakan area tambang terbuka, sehingga panasnya masih terasa meskipun sudah malam. Untuk mendapatkan view yang bagus, ada baiknya mengambil salah satu tebing yang berada menghadap tebing jempol karena bentuknya mirip sekali seperti tangan sedang mengepal dan jempol yang mengacung. Ada area yang cukup luas di atas bukit tersebut, dan areanya sangat rata seperti sebuah meja besar. Cukup untuk menampung beberapa tenda dan bisa dipakai untuk tempat berbagi cerita melepas kelelahan.
Suasana Yang Selalu Di Tunggu

Member KPA RANTING

View Sunrise

Jangan membawa baju yang terlalu tebal di area ini, karena pada siang harinya terik matahari terasa sangat menyengat kulit dengan kelembaban udara yang sangat rendah sehingga keringat akan menetes setiap saat. Untuk menuju tebing latihan, kita bisa menuruni bukit tersebut dan mengambil jalan ke kiri, nantinya akan masuk ke semak belukar yang cukup tebal dan barulah terlihat tebing tersebut. Temperatur udaranya sangat berbeda jauh dengan tempat tadi, di sini udaranya terasa sangat sejuk dan bisa dipakai untuk beristirahat sejenak ketika hari sedang terik-teriknya.