Sejuta Kesal Saat Safety Induction

Ini adalah untuk yang ke tiga kalinya menunggu selama hampir 1 bulan hanya untuk mendapatkan izin bekerja di area pekerjaan yang baru. Ya… Selama belum mendapatkan permit atau izin tersebut, jangan berharap untuk dapat melakukan pekerjaan. Sebenarnya hal tersebut sangat menguntungkan karyawan, apalagi di bulan puasa ini seperti yang kalian ketahui bahwasanya bekerja di lapangan sangat menguras tenaga. Tetapi apa jadinya jika selama 1 bulan tersebut, kita hanya berpangku tangan dan melihat teman-teman memeras keringat. Kiranya sangat tidak pantas bukan? Akan tetapi begitulah peraturan keselamatan, nyaris tanpa kompromi. Karena kecelakaan tidak akan mengenal kata kompromi, untuk itulah selama lebih dari 1 bulan badge untuk izin bekerja masih belum ada. Sehingga kami harus menunggu jadwal untuk melakukan safety induction untuk mendapatkan izin tersebut.

Safety induction sign

Safety induction sign

Sumber
“Safety induction” satu kalimat yang mungkin cukup asing di telinga kita, terutama bagi mereka yang sebagian bekerja di bidang pemerintahan atau bagi teman-teman kita yang bekerja pada perusahaan kecil yang belum memaksimalkan bidang Keselamatan dan kesehatan kerja. Bukan bermaksud untuk mengecilkan perusahaan tempat mereka bekerja, mungkin saja dengan perusahaan kecil dengan manajemen yang cukup bagus tentunya segala sesuatu yang berhubungan dengan keselamatan pekerja menjadi hal yang penting. Bukankah karyawan adalah aset untuk perusahaan? Bagaimana seorang karyawan akan bekerja secara maksimal jika keselamatan dirinya dalam bekerja tidak diperhitungkan oleh perusahaan tersebut.

Kebiasaan ini biasanya dilakukan untuk para kayawan yang bekerja pada pekerjaan dimana resiko untuk cederanya serius bahkan bisa berakibat kematian. Maka safety induction menjadi hal prioritas yang dilakukan ketika pertama kali akan memasuki area kerja. Bahkan di beberapa perusahaan kontraktor pertambangan ada yang menerapkan kebijakan safety induction setiap karyawan tersebut melakukan cuti project.

Safety induction atau dalam bahasa indonesianya biasa di sebut Induksi tentang keselamatan adalah sebuah tahapan pengenalan area kerja untuk para pekerja baik itu di bidang pertambangan, minyak dan gas, kimia, manufaktur maupun perusahaan lainnya yang mempunyai potensi resiko yang sangat besar. Di dalam safety induction biasanya pembawa materi atau traineer selalu mengulas tentang keselamatan di area pekerjaan baik dikantor maupun diluar ruangan. Akan tetapi tidak hanya materi keselamatan saja yang dibahas di forum tersebut, terkadang isue tentang lingkungan dan segala sesuatu tentang kesehatan juga dibahas. Maka tak salah memang, jika terkadang safety induction dilakukan selama sehari penuh bahkan terkadang sampai berminggu-minggu karena jadwal dan para pesertanya belum memenuhi quota.

Sebenarnya ini mungkin sudah yang ketiga kalinya untuk melaksanakan induction temporary bagi pengunjung yang hanya berlaku selama 14 hari saja. Sehingga selama tenggang waktu tersebut kita bisa bekerja akan tetapi dengan pengawasan yang ketat dari seorang safety officer. Akan tetapi pekerjaan saat ini meskipun temporary akan tetapi tenggang waktunya selama 2 tahun, masa mesti bolak-balik setiap 2 minggu sekali untuk mengurus izinnya. Semoga saja proses ini akan cepat selesai, sehingga bisa melakukan pekerjaan bersama teman-teman lainnya yang sudah lebih dulu tergabung sebagai Special Teams For Hauling Truck HITACHI EH3500 ACII Mandatory di site ini…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s