Di Balik Cerita Misteriusnya Bunga Wijaya Kusuma, Sang Midnight Lady…

Andai saja ada seseorang yang pernah mengabadikan saat-saat mekarnya bunga ini di tengah malam, mungkin tidur hampir pagi tidak akan ku lakukan. Di dorong oleh rasa penasaran yang karena beberapa mitos yang berkembang di masyarakat tentang saat-saat ketika bunga ini akan mekar, membuatku berinisiatif untuk mengabadikan momen yang menurutku cukup langka ini. Berbekal dua buah kamera digital, akhirnya momen menegangkan ini bisa ku abadikan meski imbalannya adalah ngantuk yang teramat sangat.

Sang midnight lady atau Bunga wijayakusumah memang salah satu jenis bunga yang cukup unik karena hanya akan mekar pada saat tengah malam dan akan layu ketika pagi hari. Bunga yang termasuk jenis kaktus ini cukup terkenal di masyarakat, apalagi bagi mereka yang masih memegang mitos dan klenik. Karena menurut beberapa orang, bunga ini berbeda dari bunga yang lainnya. Bunganya akan semerbak mewangi ketika mekar.

Sang midnight lady

Sang midnight lady


Konon zaman dulu raja-raja di Indonesia yang akan naik tahta harus memetik bunga Wijaya Kusuma dalam keadaan mekar. Bunga Wijaya Kusuma hanya akan mekar sesaat dan waktunya pada malam hari saja. Biasanya bunga Wijaya Kusuma banyak tumbuh dikarang. Pulau Nusakambangan adalah salah satu tempat dimana bunga Wijaya Kusuma tumbuh, namun selain di pula Nusakambangan banyak pula terdapat di pulau Kepulauan Seribu, Karimunjawa, Madura dan Bali. Jika menilik asal dari bunga ini adalah dari daratan Amerika Selatan, yang kemudian menyebar ke Cina dan masuk ke Indonesia di jaman Majapahit.

Ada salah satu mitos yang cukup terkenal yaitu “ jika bunga ini sedang berkembang, maka pemilik dari bunga ini akan mendapatkan rejeki yang berlebih “. Sehingga banyak masyarakat di pulau Jawa percaya bahwa siapa saja yang bisa melihat mekarnya bunga Wijaya Kusuma maka maka ia akan mendapatkan rejeki. “Bunga Wijaya Kusuma atau nama latinnya adalah Epiphyllum Anguliger berjenis kaktus, masuk pada divisi anthophita, bangsa opuntiales dan kelas dicotiledoneae. Terdapat sekitar 1.500 jenis (famili) dari kaktus. Tumbuhan kaktus bisa hidup subur pada daerah sedang hingga tropis.

Kebetulan sekali ketika pohon wijayakusumah milikku berbunga ada sedikit lebih rejeki di keluargaku. Bukan percaya dengan mitos tersebut, akan tetapi mungkin saja momennya tepat sehingga orang terkadang menganggap semua itu bawaan dari bunga ini. Astagfirullah…bukankah rejeki itu dari Tuhan YME?

Sang midnight lady

Sang midnight lady


Tepat jam 19:00 bbwi, kelopak bungaku sudah menampakan akan mekar karena bagian luarnya sudah terlihat agak sedikit terbuka. Yang menarik bunga Wijaya Kusuma hanya akan mekar di saat tengah malam saja dan hanya untuk beberapa saat, namun keesokan paginya bunga sudah layu kembali.
Jam 21:00 ketika mulai mekar

Jam 21:00 ketika mulai mekar

Tidak semua tanaman Wijaya Kusuma mudah berbunga, semuanya tergantung pada iklim, kesuburan tanah dan cara pemeliharaannya. Akhirnya setelah menunggu hampir selama 4 jam lebih, hampir jam 24:00 barulah bungaku ini mekar dengan sempurna.
Jam 23:00 mulai mekar sempurna

Jam 23:00 mulai mekar sempurna


Jam 24:00 mekar sempurna

Jam 24:00 mekar sempurna


Ada perasaan tak karuan ketika menunggu bunga ini mekar, karena jujur saja harum yang dikeluarkan dari bunga ini cukup membuat bulu kuduk merinding. Wanginya tidak biasa, sehingga meskipun hanya beberapa saat terasa sekali wangi yang sedikit aneh.
Jam 07:00, Bungaku Layu

Jam 07:00, Bungaku Layu


Untung saja, meski percaya dengan hal gaib karena diriku seorang muslim akan tetapi karena kita manusia lebih mulia dari syaitan maka segala perasaan aneh ku tepis jauh-jauh. Meskipun perasaan bulu kuduk ini berdiri dan keringat dingin bercucuran tetap saja ku yakinkan untuk tetap mengabadikan momen terbaik ini. Semoga saja bunga-bunga ini akan mekar di saat aku pulang cuti besok…

Iklan

21 thoughts on “Di Balik Cerita Misteriusnya Bunga Wijaya Kusuma, Sang Midnight Lady…

  1. “ jika bunga ini sedang berkembang, maka pemilik dari bunga ini akan mendapatkan rejeki yang berlebih “ hm… perasaan bunga di depan rumahku sering banget mekar dan tiap mekar selalu aku tonton tapi rasanya ngga ada yang berubah dalam soal rejeki2an ini… tapi tetap bersyukur akan rejeki dari Allah SWT

    • Betul … Semua itu hanya mitos belaka, jika memang rejeki berlimpah bertepatan dengan mekarnya bunga ini mungkin itu hanya kebetulan belaka. Saya sendiri tetap yakin bahwa rejeki itu adalah urusan Allah SWT…

  2. emang mitos itu sudah mendengar sejak sayah masih kecil……percaya or tidak itu namanya Mitos yang jelas kita harus percaya kepada allah swt supaya jangan musrik

  3. Sdh bertahun“ kami memelihara bunga wijaya kusuma, dan sdh puluhan kali menyaksikan mekarnya bunga trsbt, ada yg bersuara tarrrr saat pembukaan, ada yg tdk.ada yg mekar tngh mlm ada yg bada magrib. Dan setiap mekar kelopak bunga akan mengarahke datangnya sinar bulan,

  4. Saya jg uda pernah ko lihat bunga wijaya kusuma lg mekar,lambat banget mekarnya,sampe malam sy nunggunya,trus pagi nya layu deh,sy br skrg tahu tentang mitos bunga wijaya kusuma,ada yg uda terbukti nggak dg mitos nya ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s