Lost Treasure In Cibarusah Bekasi

Selepas memanjakan mata dan mencuci paru-paru diseputaran area curug cipamingkis jonggol, ada sebuah pemandangan menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Kali ini bukan pemandangan alam yang menarik mataku untuk mendekat, akan tetapi 2 unit mobil pengangkut batu yang membuatku tertegun dan berdecak kagum. Mobil truck berwarna hijau dan abu-abu yang terparkir hanya beberapa meter di depanku ini memang lain dari biasanya. Kendaraan tanpa logo yang mungkin keluaran ketika perang dunia ke dua ini begitu mempesona karena bentuknya yang masih terlihat orisinil dan masih sangat terawat dengan baik.

Si Hijau Nan Anggun

Si Hijau Nan Anggun


Si Abu-Abu Nan Elok

Si Abu-Abu Nan Elok


Sebagai seorang lulusan teknik mesin tentu saja segala sesuatu yang berhubungan dengan kendaraan sangat aku sukai, apalagi pekerjaanku sebagai teknisi alat berat membuatku semakin mencintai segala sesuatu yang berhubungan kendaraan. Untung saja saatnya tepat ketika aku memutuskan untuk beristirahat sejenak di tempat ini karena selain sungai dengan bebatuan yang tersusun dengan indah, sang pemilik mobilpun datang untuk mengganti beberapa bagian kendaraan yang rusak. Akhirnya dengan berbekal bahasa sunda karena cukup lama tinggal di bandung, aku putuskan untuk menanyakan segala sesuatu tentang mobil ini untuk meredakan rasa penasaranku terhadapnya.
Sang Pemilik

Sang Pemilik


Mobil yang menurut pemiliknya mungkin umurnya 3 kali lipat dari dia, masih menggunakan beberapa suku cadang yang masih asli. Anehnya lagi truck berkapasitas besar dengan empat roda ini menggunakan tenaga bensin sehingga bisa dikatakan sekelas mobil pick up padahal dari bannya saja dapat terlihat bahwa truck ini sekelas mobil truck dengan kapasitas lebih dari 3000 cc. Cukup membuat buatku salut terhadap para pemilik mobil ini, karena mereka merawatnya dengan sangat baik. Untuk dump body (Bak) nya masih menggunakan manual, hal ini bisa terlihat dari pipa baja panjang dari depan ke belakang bagian bak tersebut.
Si Cantik Tak mau Ketinggalan Narsis :D

Si Cantik Tak mau Ketinggalan Narsis 😀


Narsis Dulu :D

Narsis Dulu 😀


Narsis Dulu :D

Narsis Dulu 😀


Semoga saja kendaraan ini akan tetap terawat seperti tahun-tahun sebelumya, sehingga anak cucu kita dapat menikmati salah satu ciptaan manusia yang sampai saat ini masih bertahan.

Iklan

4 thoughts on “Lost Treasure In Cibarusah Bekasi

  1. di daerah sentul hambalang cibarusah masih banyak beroperasi kendaraan jenis ini, hasil bincang2 kendaraan tersebut yang beroperasi saat ini kurang lebih masih ada 100 unit, masyarakat setempat menyebutnya mobil “TIPER” (titipan perang) kendaraan buatan pabrikan rusia (uni soviet) AMO ZiL (Avtomobilnoe Moskovskoe Obshchestvo – Zavod Imeni Likhachova), dua type tersebut yang abu ZIS 150 keluaran tahun 1944-1960 dengan engine 5.6L ZIS-150 I6, 90 hp/2400 rpm, 6-cyl, 5555 cc transmisi 5 speed manual 4×2.
    yang ijo ZiL 157 lansiran tahun 1958-1964 dengan penggerak roda 4×4

    • Iya bang, ane nemuinnya juga di daerah Cibarusah…
      Ane pikir nich mobil buatan West germany, eh taunya buatan Rusia
      Wah… nambah ilmu lagi nich, makasih bang sudah mampir di blog yang sederhana ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s