Rute Nekat Menuju Pantai Tanjung Pakis Karawang

Pintu Masuk Kawasan

Pintu Masuk Kawasan

Sumber gambar : Klik
Sebenarnya perjalanan ini telah lama saya lakukan, tetapi entah mengapa setelah melihat daftar tulisan-tulisan sebelumnya tidak ada satupun yang membahas tentang tempat ini. Mungkin sudah menjadi kebiasaan yang selalu telat untuk memutuskan apakah akan menuliskannya di sini atau tidak, atau mungkin karena rentetan tugas kampus yang seolah sangat menyita waktu saya belakangan ini sehingga hampir lebih satu bulan blog ini tidak terurus.

Jika bukan karena bro proleevo mungkin satu lagi titik perjalanan ini akan sedikit redup di ingatan. Begitulah memang jika menjadi warga biasa yang harus membagi waktunya dengan pekerjaan, pendidikan dan keluarga. Sehingga target bisa menulis minimal 10 buah tulisan dalam sebulan tidak pernah bisa terealisasi.:D

Kembali ke tujuan semula, kali ini saya akan berbagi lagi satu buah spot menarik yang sangat-sangat sayang untuk dilewatkan terutama bagi anda yang berdomisili di seputaran Jakarta, Bekasi, Karawang, Bogor dan Purwakarta. Kawasan wisata keluarga Pantai Tanjung Pakis Karawang. Kawasan wisata yang terletak di Desa Pakisjaya Kecamatan Kecamatan Pakisjaya, kurang lebih sekitar 60 – 70 kilometer dari pusat kota Karawang.

Survey Lokasi :D

Survey Lokasi 😀

Kawasan wisata yang mulai ramai di awal 90an ini sudah sangat terkenal oleh para penduduk yang berdomisili di seputaran area bekasi dan karawang. Meskipun sangat sederhana dan terkadang airnya sangat keruh, tempat wisata ini adalah sebuah alternatif liburan yang cukup murah. Sehingga ketika musim liburan tiba seperti lebaran maupun liburan sekolah, kawasan ini selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan. Alhasil saya pernah terjebak macet selama hampir 5 jam untuk sampai dikawasan ini.

Ada beberapa alternatif untuk mencapai lokasi ini, pertama melalui Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, atau anda bisa melalui pintu masuk Tol Karawang Barat.
Jika anda menginkan waktu tempuh yang singkat dan jalur yang menantang, pilihlah alternatif melalui Bekasi, tetapi jika ingin lebih lama namun bisa pergi ke objek wisata lain seperti Rumah Laksmana Maeda, Candi Batujaya atau mau mengenang Chairil Anwar di Tugu Perjuangan Karawang-Bekasi.

Dari Kabupaten Bekasi anda bisa melalui rute menuju Masjid At-taqwa pondok pesantren KH.Noer Alie pahlawan nasional asli Bekasi. Dari sana anda lurus saja melalui Babelan. Rute disana cukup ekstrim dan gersang. Jalannya cukup seru untuk dilalui dengan kendaraan off road, maklum rute ini sering digunakan oleh truck pengangkut minyak mentah milik PT Pertamina. Setelah melewati hamparan sawah, dan pipa penyalur minyak bumi, anda akan menemukan sebuah kapal terdampar dari sebuah jembatan, lokasi ini disebut dengan Kali Cibe’el (CBL = Cikarang Bekasi Laut). Kembali berjalan beberapa kilometer, baru anda akan memasuki perbatasan Kabupaten Bekasi dengan Kabupaten Karawang yang dibelah oleh sungai besar, kawasan ini disebut Muara Gembong.

Sedangkan apabila anda dari Cibitung atau Cikarang, anda bisa melalui jalan Fatahilah – RE Martadinata – KI Hajar Dewantara – Sukatani – Garon. Atau biasanya dari arah cibitung setelah melewati terminal cikarang anda akan melewati SGC (Sentra Grosir Cikarang) kemudian mengambil arah ke Kampung Pilar (sebeleh kiri) dengan menyebrangi rel kereta api untuk menuju ke Sukatani.

Untuk saat ini kondisi jalan di Muara Gembong sudah cukup rapih dengan coran beton yang cukup kuat. Pembangunan jalan ini dimulai kurang lebih sekitar tahun 2008 dimulai dari arah Sukatani – Garon – Muara Gembong.

Eretan

Eretan

 

Jembatan Baru

Jembatan Baru

Dimulai dari daerah garon, Anda akan banyak menemukan tulisan “Sewa Eretan” di sepanjang jalan. Eretan menjadi satu-satunya alat transportasi penghubung antara Kabupaten Karawang dan kabupaten Bekasi yang dibelah oleh Sungai Muara Gembong atau Sungai Citarum. Eretan adalah perahu yang terbuat dari susuanan kayu, dan ditarik menggunakan tali seling, hampir mirip dengan Getek, namun eretan lebih kokoh. Meski agak sedikit ngeri untuk menyeberang, akan tetapi eretan cukup aman untuk di naiki. Sekedar tips keselamatan : “Ada baiknya jika naik eretan, anda harus turun dari kendaraan sehingga apabila terjadi sesuatu akan lebih mudah dan leluasa untuk menolongnya”.

Jika anda beruntung, anda akan menemukan Biawak dengan ukuran yang cukup besar lalu lalang di pinggir jalan, atau hanya sekedar untuk menyebrang menuju rawa-rawa di sepanjang jalan.

Biaya untuk menyebrang dengan eretan bervariasi mulai Rp.10.000 untuk motor, dan Rp.30.000 – Rp.50.000 untuk mobil, tergantung jenis mobil, dan Rp.2.000 untuk penumpangnya. Setelah menyebrang anda akan kembali melanjutkan perjalanan menuju Pantai Tanjung Pakis sekitar 1.5 jam. Jika sudah menemukan banyak tambak udang dan bandeng, artinya anda semakin dekat dengan tujuan.

Hamparan Pasir...

Hamparan Pasir…

 

Mencari Rebon

Mencari Rebon

 

Kerang

Kerang

 

Kelomang

Kelomang

Anda harus membayar sebesar Rp 25.000/orang untuk memasuki kawasan Pantai Tanjung Pakis, karena sudah dikelola dengan pihak pemerintah setempat, sehingga kondisi Pantai Tanjung Pakis sudah lebih baik. Disana anda bisa menyantap hidangan laut yang masih segar dari tangan para nelayan tambak yang menjual hasil tambaknya di rumah makan yang berjejer apik di pinggir pantai dengan tambahan buah kelapa hijau, anda juga bisa menyewa penginapan dari harga termurah Rp.100.000/kamar sampai yang paling mahal Rp.700.000/kamar, adapula olahraga pantai seperti ATV, bodat, dan permainan ketangkasan lainnya yang cocok untuk putra putri anda.

Menikmati Kelapa Hijau

Menikmati Kelapa Hijau

 

Merenung...

Merenung…

 

Hmm...

Hmm…

Nah selamat berlibur…..

Sumber :
1. Klik
2. Klik

Iklan

29 thoughts on “Rute Nekat Menuju Pantai Tanjung Pakis Karawang

  1. Itu gak salah mas broo untuk retribusi tiket masuknya ampe Rp 25 ribu..?kalah dunk Ancol tiket masuknya dbandingkan Pantai pakis..?ckckckck,mahal yaa.

    • Hahaha… Rp 25ribu untuk 1 motor mas bro + penumpangnya. Kalau dibilang Pantai Ancol kalah sih ya pasti kalah kalau dari segi pengunjung, tapi kalau dari segi penataan dan pengelolaan ya jelas masih menang lah 😀

      • Kmarin br ja dr pntai pakis.klau dr segi pantai sy akui bagus,pantai juga luas.kondisi pantai landai shngga aman untuk berenang.masuk karena hr sabtu cm 20rb satu mobil.mkanan murah untuk kawasan wisata.pantai lumayan bersih cuma yg jd msalah akses jalanya hancur krena imbas dr banjir kmarin.tp dr segi pantainya ok.

      • Yups.. kalau dari kontur pantainya yang landai sebenarnya bagus dan aman untuk berenang bagi keluarga. Yang masih jadi kendala adalah akses untuk ke lokasi, sepertinya kurang perhatian…

        Terima kasih sudah mampir ke blog saya….

    • Untuk bis besar ukuran 54 kursi sepertinya agak sulit masuk, dikarenakan kondisi jalan yang agak sempit. Akan tetapi untuk bus seukuran 30 kursi masih bisa. Biasanya di hitung per paket…

      Anak-anak sepertinya tidak kena charge.

  2. Salam kenal.. 🙂
    Jika butuh Transport Mobil, ELF Pariwisata, dan Hotel Bandung dgn harga Murah & Berkualitas serta info mengenai tempat wisata utk dpt dikunjungi saat liburan dan kami jg menyediakan Paket Outbond Ice Breaking, Fun Game, Team Building dan Paket Rafting Situ Cileunca Pangalengan / Sungai Palayangan. Silahkan hub. Bintang Wisata Tour and Travel, Hotline : 0813 2289 5099 / 022 6085 1785. Klik http://www.bintangwisataindonesia.com .
    #PAKET WISATA RAFTING MURAH di BANDUNG (Travel Agent Bandung)# Hatur nuhun.. :).

  3. Airnya keruh…kayanya blm dikelola dgn baik..mudh- mudahan kedepanya lebih baik..termasuk akses jln menuju kesana yg sekarang masih jelek …hanya sedikit yg sudah di cor..

    • Sekarang gak pakai eretan juga bisa mas. Klo dari HI cukup lewat CBL belakang, tembus langsung ke Cikarang. Dari Pilar ambil kiri sampai Garon, trus nyebrang jembatan. Ikutin saja terus, nanti banyak petunjuk jalan kok…

  4. Rencana imlek tgl 8 feb mw ke pakis.Kira2 jalannya yg lewat sukatani/pilar sdh bagus ga krn mw bw mobil sedan?? Terus biaya2 yg keluar apa sj & brp, om rahmat??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s