Buah Kecapi Daun, Flora Identitas Kota Bekasi

Mungkin kali ini saya mesti lebih banyak bersyukur lagi kepada Tuhan, karena berkah hujan yang diturunkan pagi hari ternyata bersambung hingga siangnya. Entah sudah berapa lama semenjak saya meninggalkan kampung halaman untuk merantau jauh ke negeri seberang hingga pada selasa siang kemarin, saya menemukan sebuah buah di dalam kulkas ketika sedang berkunjung ke rumah ibu. Serasa di pertemukan kembali dengan kawan lama, buah kecapi daun yang masih segar menyapa saya untuk memeluknya erat.

Ya… Buah kecapi, buah kenangan yang menjadi teman penghilang lapar sehabis main ketika zaman sekolah dasar dulu. Selain menjadi maskot (flora identitas) dari kota kelahiran saya yaitu Bekasi, pohon kecapi atau pohon sentul (Sandoricum koetjape) ternyata mengilhami penamaan banyak tempat utamanya di pulau Jawa.

Buah kecapi biasanya dimakan dalam keadaan segar atau diolah menjadi manisan, ‘chutney’, selai, jeli ‘marmelade’, juga diawetkan atau digunakan dalam hidangan-hidangan sebagai pengharum alami. Baik kulit buah maupun daging buahnya (yang mungkin melekat pada biji atau terlepas) dapat dimakan. Buah kecapi beraneka macam, ada yang kulit buah atau daging buahnya lebih tebal dan rasanya lebih enak. Setiap 100 g bagian yang dapat dimakan mengandung: air 83,9 g, protein 0,7 g, lemak 1 g, karbohidrat 13,7 g, serat 1,1 g, abu 0,7 g, kalsium 11 mg, fosfor 20 mg, besi 1,2 mg, kalium 328 mg, dan vitamin C 14 mg. Nilai kalorinya sebesar 247 kJ/100 g.

Buah Kecapi Daun Hasil Kebun Sebelah (Koleksi pribadi)

Buah Kecapi Daun Hasil Kebun Sebelah (Koleksi pribadi)

Terkadang ketika kami masih kecil dahulu, ibu mengambil beberapa sendok perasan daging buah kecapi sentul untuk dijadikan sebagai bahan penyedap masakan pengganti cuka. Pohon kecapi merupakan pohon yang rimbun dan besar sehingga dapat mencapai tinggi 30 m, meskipun umumnya di pekarangan biasa hanya mencapai sekitar 20-an meter. Batang pohonya dapat mencapai diameter 90 cm, bergetah seperti susu.

Buah Kecapi Daun

Buah Kecapi Daun Source

Sangat disayangkan untuk saat ini jumlah pohon yang ada di kebun milik saudara hanya menyisakan 1 pohon saja yaitu kecapi daun. Dahulu ada sekitar 4 pohon kecapi daun dan 1 pohon kecapi sentul. Mungkin kakek buyut dahulu menanam pohon ini sebagai penanda batas tanahnya dengan tanah milik orang lain. Dan beruntung kini masih tersisa 1 pohon kecapi hasil menanam kakek buyut yang telah berpulang pada tahun 1987 silam.

Pohon Kecapi

Pohon Kecapi Source

Manfaat :
Berbagai bagian dari pohon kecapi memiliki khasiat sebagai obat. Rebusan daunnya digunakan sebagai penurun demam. Serbuk kulit batangnya untuk pengobatan cacing gelang. Akarnya untuk obat kembung, sakit perut dan diare; serta untuk penguat tubuh wanita setelah melahirkan. Terkadang karena daunnya sangat pahit bisa digunakan untuk gurah dan penangkal nyamuk. Ketika masih kecil, kami sering melakukannya untuk menangkal nyamuk. Kayu kecapi bermutu baik sebagai bahan konstruksi rumah, bahan perkakas atau kerajinan, mudah dikerjakan dan mudah dipoles.

Source :
1. Sini
2. Sini

~RTM
16-01-2014

Iklan

47 thoughts on “Buah Kecapi Daun, Flora Identitas Kota Bekasi

  1. Kayaknya rasanya masam, ya. Tempat saya gak ada buah ini. O, ternyata bukan pohonj jarak saja to yang dijadikan sebagai penanda batas tanah dengan tanah tetangga….Kecapi juga..

    • Sampai saat ini memang salah satu cara membuka kulitnya dengan cara dijepit di pintu 😀
      Ada juga yang memakai cara dibanting di lantai biar kebuka, sungguh sebuah perjuangan untuk merasakan nikmatnya buah yang satu ini.

      • Perjuangan yang penuh resiko [klo ibanting –> resiko diambil orang 😀 ]. tapi zmn skrg udh jarang y sy liat kecapi. apa pas musimnx sy nya lg hibernasi kali ya, jd nd ketahuan. 😀

      • Resiko klo jatuh ke tangan yang berwatak lapar 😀
        Untuk saat ini memang kecapi semakin sulit di dapat, dan beruntung keluarga masih menyisakan 1 pohon yang saat ini sedang berbuah.

    • Sebenarnya lebih mirip ke buah manggis soalnya ukurannya sama. Coba sekali-kali main ke daerah cikarang atau kabupaten bekasi, untuk saat ini kebetulan masih banyak :D. Rasanya manis dan terkadang masam, untuk buah yang warnanya seperti gambar biasanya manis.

  2. Kalau di bali, Kecapi ini disebut Sentul tapi buahnya agak lebih besar-besar. Dulunya saya bingung waktu pertama kali melihat buah Kecapi di Jakarta. Ini Sentul bukan ya? Kalau Sentul kok kecil? ternyata memang sama ya.. mungkin hanya varietasnya saja barangkali yang berbeda..

    • Betul mbak, hanya varietasnya saja yang berbeda. Jika di daerah saya untuk kecapi sentul biasanya bentuknya agak besar dan berasa masam. Nah untuk kecapi daun ini bentuknya sedikit lebih kecil dan berasa manis..

  3. pengin banget merasakan buah ini
    baru pernah menjilatnya, dapet buh ini jatuh sayangnya isinya agakj kurang bagus, ketika masih di jakarta
    agak malu soalnya memungut di jalan buah yang jatuh… kayak anak2 aja hehhe

  4. mas, bisa dapat alamat rumah ibu anda yg masih memiliki pohon kecapi? Kami membutuhkan daun pohon kecapi utk obat sakit trigliserida. Mail saya : jh_lc83@yahoo.co.id atau tlp 0811-899240. Kiranya mas Rahmat berkenan utk memberi informasi daun kecapi yg kami butuhkan itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s