Donor Darah Siapa Takut…. ?

Donor darah? Sebuah kata yang cukup familiar di telinga kita dan terkadang membuat nyali ini cukup ciut mendengarnya. Lengan yang sehat, tiba-tiba harus ditusuk dengan sebuah jarum besar yang konon katanya dua kali lipat ujung pensil. Waduhโ€ฆ! Belum lagi kalau membayangkan area donor darah yang penuh dengan jarum suntik, kapas, kantong darah, bau alkohol, dan lain-lain. Wajar saja jika sebagian orang akan tebersit rasa enggan untuk melakukan donor darah.

Pengumuman Donor Darah

Pengumuman Donor Darah (Sumber gambar HSE HAP)

Banyak cara mulia untuk menolong sesama, salah satunya adalah dengan menjadi pendonor darah. Buang semua ketakutan-ketakutan dari mitos seputar donor darah, selain dapat membantu mereka yang sangat membutuhkan transfusi darah, menjadi pendonor darah juga baik bagi kesehatan Anda. Menjadi donor darah adalah perbuatan mulia, karena di setiap tetes darah bisa menyelamatkan pasien-pasien yang sedang kritis di rumah sakit.

Jujur meskipun sudah berulang kali mengambil sampel darah baik ketika medical check up atau lain hal, saya masih saja takut dengan Lancet (Jarum kecil yang biasa digunakan untuk pengambilan darah kapiler pada ujung jari). Padahal jika dilihat dari besar jarumnya, lancet ini relatif lebih kecil jika dibandingkan Needle (jarum yang biasa digunakan untuk pengambilan darah secara vakum). Namun sistem kejut alat pematik pada lancet lah yang membuat saya takut. Bahkan menurut beberapa petugas PMI banyak orang yang hendak menyumbangkan darahnya takut akan benda yang sekilas mirip dengan sebuah ballpoint ini.

Kendaraan PMI Di Kantor

Kendaraan PMI Di Kantor

Alhamdulillahโ€ฆ Rabu tanggal 29 januari 2014 kemarin, selepas sarapan pagi saya langsung menuju ke ruang training center di lantai II head office jakarta. Dengan penuh percaya diri, meski terkadang masih ada rasa takut dengan lancet akhirnya saya beranikan diri untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Malu sih sebenarnya, di usia yang akan menginjak 33 tahun ini masa baru 1 kali mendonorkan darah ๐Ÿ˜€

Beruntung, kali ini setelah melewati beberapa pengecekan ternyata saya sehat dan bisa di ambil darahnya. Ternyata ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi oleh seorang pendonor jika ingin mendonorkan darahnya, seperti berbadan sehat, Hb darah yang normal, tensi darah yang normal dan lain-lain.

Ketika Diambil Darah

Ketika Diambil Darah

Padahal dulu ketika masih aktif bekerja di proyek pertambangan, kegiatan ini rutin sekali dilakukan. Akan tetapi berhubung tugas yang menumpuk dan lokasi donor darah yang terlalu jauh dari area kerja, maka saya belum bisa melakukannya. Jadi ini pengalaman pertama menjadi pendonor darah dan insyaallah akan terus berlanjut dan berkesinambungan.

Ada beberapa manfaat jika kita menjadi seorang pendonor darah, salah satunya adalah dapat menyelamatkan nyawa orang lain yang sedang dalam kondisi kritis dan memerlukan transfusi darah. Tahukah anda jika dalam sekantung darah dapat menyelamatkan 3 nyawa manusia ? Selain itu, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan pelakunya. Diantaranya menyeimbangkan zat besi, mengurangi resiko penyakit berat seperti serangan jantung, stroke, dan obesitas.

Alhamdulillah ada “kebahagian tersendiri” yang saya rasakan ketika tahu darah yang disumbangkan langsung bermanfaat bagi orang lain.

Jadi mulai saat ini, buang jauh-jauh rasa takut akan mitos seputar donor darah โ€ฆ

Sumber : Sini

~ RTM
13-02-2014

Iklan

27 thoughts on “Donor Darah Siapa Takut…. ?

  1. Di pabrik saya sudah rutin diadakan kegiatan donor darah setiap 4 bulan sekali
    Donor darah, menyelamatkan nyawa (kata orang sih) tapi yang pasti menurut saya donor darah itu menyehatkan karena darahnya diganti lagi yang baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s