Bunga Wijaya Kusuma Sang Midnight Lady dan Khasiatnya

Bunga wijaya kusumah…? Bagi sebagian orang mungkin akan penasaran dengan bunga yang satu ini. Karena bunga ini akan mekar pada waktu tengah malam. Satu per satu mahkota bunganya akan membuka hingga menampilkan sosok bunga yang begitu elok. Bersamaan dengan mekarnya sang bunga yang berwarna putih bersih akan tercium aroma yang sangat harum harum.

Sang midnight lady

Sang midnight lady

Bagi saya mungkin ini untuk yang kesekian kalinya tanaman ini berbunga, bahkan sudah beberapa bunga yang saya abadikan melalui fhoto. Akan tetapi, pernahkah anda melihat buah dari wijaya kusuma ?

Buah Wijaya Kusuma

Buah Wijaya Kusuma

Kali ini ada yang sedikit berbeda, dari 3 tahun semenjak berbunga ternyata baru kali ini saya melihat buah dari tanaman ini. Warna buahnya sekilas mirip dengan buah naga tetapi bentuknya sedikit lebih kecil.

Buah Wijaya kusuma

Buah Wijaya kusuma source

Tanaman ini memang memiliki sebutan yang berbeda-beda pada setiap negara, tapi nama ilmiahnya adalah Epiphyllum oxypetalum. Banyak orang beranggapan bahwa asalnya dari negeri China, karena tanaman ini datang ke Asia Tenggara dari China pada tahun 1920-an. Namun sebenarnya asal ratu malam ini ternyata dari tempat yang lebih jauh lagi, yaitu dari hutan-hutan tropis di Amerika Selatan. Sekarang, tanaman ini sudah hampir menyebar luas sampai ke Asia Tenggara.

Di kalangan masyarakat Cina, bunga ini populer dengan sebutan Keng Hwah, artinya : bunga yang indah dan agung. Selain sebutan tadi, tanaman ini pun populer dengan sebutan puitis seperti : Midnight Flower (Bunga Tengah Malam), Queen of the Night (Ratu Malam), dan Orchid Cactus (Kaktus Anggrek). Pemberian nama Midnight Flower maupun Queen of the Night memang berkaitan dengan saat mekarnya bunga ini. Untuk melukiskan keindahan bunganya itu maka Keng Hwah pun diberi gelar Ratu Malam. Sedangkan sebutan Kaktus Anggrek karena tanaman yang tergolong sukulen ini memiliki bentuk bunga yang mirip anggrek.

Bakal Bunga

Bakal Bunga

Dalam adat istiadat Cina dipercayai bahwa siapa saja yang bisa melihat mekarnya bunga Keng Hwah akan mendapatkan hoki atau keberuntungan. Mitos ini pun terbawa ke Indonesia, karena itu jangan heran bila ada orang yang rela berjaga hingga tengah malam hanya untuk menunggu mekarnya si ratu malam ini. Termasuk saya sendiri, meskipun saya tidak percaya pada mitos dan hanya sebatas penasaran saja untuk menyaksikan mekarnya bunga ini yang membuat saya rela begadang sampai tengah malam πŸ˜€ .

Jam 24:00 mekar sempurna

Bunga Wijaya kusumah

Bagi kebanyakan orang mekarnya si ratu malam merupakan suatu peristiwa yang menarik. Tetapi keindahan itu sangatlah singkat, karena bunga yang mekar malam hari itu akan segera layu pada esok harinya.

Ternyata tanaman wijaya kusuma ini bunganya berasa manis, sifatnya netral, berkhasiat sebagai antiradang, penghenti perdarahan (hemostatis), obat betuk dan peluruh dahak (mukolitik). Batangnya berasa asin, asam, sifatnya sejuk, dan berkhasiat antiradang. Bagian tanaman yang bisa digunakan sebagai obat adalah bunga dan batangnya, sedangkan pemakaiannya dalam bentuk segar. Bunga ini bisa dikeringkan untuk proses penyimpanan.

Bunga Wijaya kusuma bisa digunakan untuk mengatasi beberapa macam penyakit, seperti :
1. TB paru dengan batuk dan dahak berdarah
2. Sesak napas (asma)
3. Radang tenggorok (faringitis)
4. Nyeri lambung (gastritis)
5. Muntah darah
6. Pen darahan rahim (uterine bleeding).

Cara Pemakaian :
Untuk obat yang diminum, rebus bunga wijayakusuma sebanyak 10 – 20 gram (3 – 5 kuntum), lalu minum airnya. Untuk pemakaian luar, giling batang segar sampai halus, lalu turapkan ke tempat yang sakit, seperti bisul dan luka berdarah, dan balut.

Contoh Pemakaian

  • TB paru dengan batuk dan dahak berdarah. Rebus bunga wijayakusuma segar (3-5 kuntum), dengan tiga gelas air sampai tarsisa satu gelas. Tambahkan gula aren (15g). Setelah dingin, saring dan minum airnya sehari dua kali, masing-masing setengah gelas. Lakukan setiap hari sampai sembuh.
  • Pendarahan Rahim. Bersihkan bunga wijakusuma segar (2-3 kuntum) dan daging tanpa lemak (50g), lalu potong-potong seperlunya. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air sampai semua bahan terendam, lalu tim. Setelah dingin, minum airnya. Isinya dimakan. Lakukan sehari dua kali, masing-masing separuhnya.
  • Sesak Napas. Cuci bunga wijayakusuma segar (3-5 kunum), lalu potong-potong seperlunya. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan gula batu dan air sampai permukaannya terendam seluruhnya, lalu tim. Setelah dingin, saring dan minum airnya seharidua kali, masing-masing separuhnya.

Wallahu a’lam.

Sumber :
1. Sini
2. Sini
~ RTM
14-02-2014

Iklan

49 thoughts on “Bunga Wijaya Kusuma Sang Midnight Lady dan Khasiatnya

  1. saya baru tau kalau wijaya kusuma ada khasiatnya.
    sebelumnya taunya bunga cantiknya yang susah untuk di kagumi (harus begadang dulu).
    saya juga punya photonya beberapa tahun lalu saat punya wijaya kusuma ini (sekarang udah pada mati hiks).

  2. saya punya pohon wijayakusuma yg jenis bunganya kecil-kecil,
    jadi pohon hias yg di pot gantung..
    kata seorang teman,
    itu pohon… daunnya, bunganya, itu berguna utk pengobatan,
    dia cuma kasih tau saya, bunganya keringkan dulu.. nanti resep pengobatannya diberitahu kalau bunga yg saya simpan sudah kering.. hehe..
    lumayan banyak bunganya, tapi keringnya lamaaaaaaaaa banget..
    sudah seminggu, masih belum kering,
    apalagi belakangan ini, di jakarta… matahari nya malu2 kucing,
    sembunyi dibalik mendung hadeuuh

    btw, Rahmat.. ijin copas resep diatas yaa…terimakasih sob,

      • Dan gara-gara itu, bunga ini ditempatku dikeramatkan. Jadi kalau udah ada tanda-tanda mau mekar, di tempatku anak kecil tidak boleh mendekat, katanya ntar kesambet …

        padahal mungkin biar nggak rusak kali ya, soalnya anak kecil kan tangannya usil banget

      • Hahaha… ditempatku juga dikeramatkan pak, hanya saja saya tidak percaya takhayul gitu. Makanya si ibu di rumah selalu kasih wanti-wanti takut anaknya kesambet penunggu bunga ini mekar πŸ˜€

      • Sesekali perlu action kayaknya mas,
        pas bunganya mekar, bawa anak-anak dan potong-potong tuh bunganya biar image keramatnya ilang… gawat tuh kalau gara-gara bunga jadi kebawa takhayul

  3. Setelah menunggu lamaaa banget akhir n skrg pohon saya berbunga lgi.. cuman ngak pernah lebih dari 1πŸ˜”
    gimana cara n spy berbuah ??

    • Mungkin pas rezeki saja bunga dirumah saya bisa lebih dari 10 kuntum. Akan tetapi cara yang paling ampuh saya lakukan adalah dengan cara meletakan pohon tersebut di terik matahari, alhasil bunga nya agak lebih banyak ketimbang yang dibawah pohon. Selamat mencoba dan terima kasih sudah mampir di pondok saya… πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s