Standar Keselamatan Pekerja Tambang Bag.1

Seperti yang pernah saya bahas di tulisan saya sebelumnya tentang pekerja tambang, ada beberapa hal yang membuat para pencari kerja selalu melirik dan berharap agar bisa bekerja di sektor pertambangan adalah tentang jaminan “Safety, Health & Environment” yang rata-rata mungkin sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan perusahaan manufaktur. Untuk itu tidak ada salahnya jika pada kesempatan saat ini, saya akan mencoba membahas beberapa tahapan bagi seorang pekerja baru yang hendak bekerja di sektor pertambangan atau mereka yang hendak berkunjung masuk ke area pertambangan.

Pekerjaan pertambangan adalah pekerjaan yang memiliki tingkat resiko yang sangat tinggi jika dibandingkan pekerjaan sektor lainnya. Jadi untuk meminimalisir resiko tersebut, maka dibuatlah beberapa peraturan yang harus diterapkan oleh perusahaan tambang. Aturan tersebut sifatnya mengikat dan tegas, sehingga bagi yang melanggar peraturan tersebut jangan berharap untuk bisa kembali bekerja ke site tersebut dalam waktu dekat. Lebih baik membuang 1 orang yang melanggar daripada membiarkan 1 orang tersebut menyusahkan 1 area tambang. Mungkin hal itulah yang menyebabkan peraturan di hampir keseluruhan site sedikit agak keras. Karena apabila terjadi sebuah kejadian fatality (kematian) pekerja tambang, maka akan sedikit rumit bagi semua orang yang bekerja di site tersebut. Akan tetapi semuanya dilakukan secara transparan sehingga bagi mereka yang telah melanggar peraturan akan mengikuti seluruh proses  investigasi  kecelakaan dengan pihak safety dan meskipun harus keluar dari site, hal tersebut sudah melalui berbagai macam pertimbangan. Untuk itulah setiap seseorang yang hendak masuk ke area pertambangan harus mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan pemilik lahan.

Sebelum seseorang dapat melakukan pekerjaan atau hanya sekedar ingin melihat area kerja di pertambangan, maka ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Untuk diketahui para pembaca, area pertambangan dibagi menjadi dua kategori yaitu : Area Non Pit (Bukan Tambang atau biasanya lokasi kantor kontraktor) serta Area Pit (Area Pertambangan dimana di area ini terdapat aktivitas alat berat yang aktif).

Hal pertama yang harus dilewati agar bisa masuk ke area pertambangan adalah dengan lulus medical check up (MCU) secara general. Jadi jangan harap anda bisa masuk ke dalam kedua area tersebut jika dalam MCU anda saja, ada beberapa penyakit yang di derita. Hasil MCU sendiri nantinya akan di cek kembali oleh team dokter dari site, sehingga tetap ada klarifikasi dari penerbit hasil MCU dengan team dokter tambang.

Jika anda telah lulus MCU, hal kedua yang harus anda lewati adalah mengikuti Safety induction. Safety Induction merupakan kegiatan safety yang diberikan kepada pekerja baru, tamu proyek atau pihak-pihak yang perlu mengetahui tentang keselamatan di suatu proyek. Safety Induction dapat dikatakan sebagai wujud nyata dari pelaksanaan Undang-Undang Nomor satu tahun 1970 Tentang Keselamatan Kerja. Safety induction sendiri terdiri dari beberapa session, bisa penjelasan dari para safety officer maupun video.

Safety induction sign

Safety induction sign

Berikut adalah hal-hal yang biasanya disampaikan oleh safety officer pada saat kegiatan Safety Induction :

  1. Profil Perusahaan.
  2. HSE Perusahaan(Commitment, Policy, Safety commitee).
  3. Definisi Safety.
  4. Standard APD (Alat Pelindung Diri) yang harus digunakan.
  5. Safety Sign yang ada di tambang.
  6. Sanksi pelanggaran jika melanggar.
  7. Video Safety Induction ( jika ada ).
  8. Contoh bahaya dan risiko di lokasi kerja.
  9. Tanggap darurat yang meliputi jalur evakuasi, informasi pelaksanaan keadaan darurat, tanda-tanda darurat, peralatan keadaan darurat, dan nomor-nomor yang dapat dihubngi jika terjadi keadaan darurat.
  10. Dan Lain-lain.

Setelah pelaksanaan Safety Induction, untuk para pekerja baru akan dilakukan post test dengan nilai minimal 90%. Serta harus menandatangani komitmen bersama melalui Statement Letter, bahwa pekerja bersangkutan sudah memahami dan bersedia melakukan peraturan K3. Setelah selesai maka mereka akan mendapatkan ID card untuk masuk ke area pertambangan.

Di Gate KPC Coal Mine Project Sengatta Kal-Tim

KPC Coal Mine Project Sengatta Kal-Tim

Cukupkah sampai disini? Ternyata belum, ID Card tersebut hanya bisa digunakan untuk masuk ke area Non Pit saja. Sedangkan untuk masuk ke area Pit (tambang) maka kita harus melakukan safety induction kedua dengan pihak dari safety officer plant departement. Pada prinsipnya kedua safety induction tersebut sama, akan tetapi untuk plant dept lebih mengkhususkan pada mereka yang akan bekerja di unit alat berat, area peledakan dan operasi pertambangan lainnya. Sehingga akan berkutat di masalah bagaimana cara meminimalkan resiko dan mengunci energi agar ketika kita bekerja dalam kondisi aman. Tahapannya juga sama, dan pada akhir session akan dilakukan post test dan akan mendapatkan personal danger tag & personal lock holder.

ID Card Untuk Masuk Area Pertambangan

ID Card Untuk Masuk Area Pertambangan

Bersambung

~RTM
Diolah dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi

01-04-2014

Iklan

18 thoughts on “Standar Keselamatan Pekerja Tambang Bag.1

    • Itu dia mbak, pernah juga saya mengalami beberapa kali induction yang membutuhkan waktu hampir 3 minggu. Sehingga selama 3 minggu tersebut saya tidak bisa bekerja sama sekali…

    • Perlakuan khusus untuk setiap pekerjaan meskipun pekerjaan tersebut potensi bahayanya kecil seperti seorang admin. Betul, keselamatan adalah hal yang paling utama. Jadi jangan pernah mulai bekerja jika masih ragu akan keselamatan diri kita…

  1. Sharing yang sangat menarik Mas, membuka wawasan kami pembaca pun peminat pemain di perusahaan tambang. Tingginya standar keselamatan pekerja layak mendapat acungan jempol.
    Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s