Tips Dalam Memilih Tas Carrier Atau Ransel

Sebagai salah seorang pecinta kegiatan alam terbuka dan sering bepergian karena melakukan pekerjaan didalam hutan,  tas carrier merupakan salah satu unsur yang penting untuk diperhatikan. Karena dengan tas carrier, seluruh perlengkapan yang akan saya pergunakan bisa terbawa. Oleh karenanya sebuah tas carrier haruslah nyaman untuk dipakai, dan dapat secara efisien menampung segala kebutuhan atau perlengkapan yang dibutuhkan selama berkegiatan. Saya juga tidak tahu mengapa saya menyukai betul menggendong tas carrier dibandingkan dengan tas koper. Entah itu karena alasan ringkas atau apa, saya sudah menghabiskan kurang lebih 3 buah tas carrier selama kurun waktu 15 tahun ini. Sebenarnya dari 3 tas tersebut masih layak pakai, hanya saja karena rasa kebersamaan ketiga tas tersebut harus saya relakan hingga lenyap tanpa bekas.

Baiklah, saya akan coba paparkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tas carrier sebelum membeli.

Kapasitas Tas Carrier

Terlalu Kecil

Terlalu Kecil sumber

Pilihlah ukuran tas carrier sesuai kebutuhan anda.  Untuk perjalanan sehari tentu berbeda ukurannya ketika kita akan melakukan perjalanan panjang yang memakan waktu hingga berhari-hari. Lokasi dimana kegiatan akan dilakukan juga akan sangat mempengaruhi pertimbangan kita dalam hal memilih jenis tas yang tepat yang akan kita gunakan nantinya.

Terlalu Besar

Terlalu Besar sumber

Untuk perjalanan singkat selama satu hari atau ultralight hiking  ke hutan atau gunung, bawalah tas carrier berukuran 30-40 liter. Ukurannya sudah cukup memadai sebagai tempat untuk membawa perlengkapan anda yang terbatas seperti kamera, tabir surya, makanan dan perlengkapan lainnya. Untuk pendakian atau perjalanan yang mengharuskan anda menginap satu malam, ukuran 50-55 liter akan lebih baik, karena anda harus membawa perlengkapan yang lebih banyak. Sedang untuk perjalanan panjang yang memakan waktu berhari-hari ukuran 65-70 liter merupakan ukuran yang cocok agar perlengkapan yang akan anda bawa seperti tenda, alat masak, makanan, dan pakaian dapat masuk ke dalamnya.

Pilihlah bahan tas yang tahan air, kalau perlu lengkapi dengan penutup ransel (cover bag). Jangan lupa membungkus perlengkapan/pakaian dengan bahan yang tidak tembus air seperti trash bag.

 Tali Pinggang

Tali Pinggang

Tali Pinggang sumber

Tali pinggang merupakan salah satu komponen penting yang akan menentukan tingkat kenyamanan anda saat menggendong tas carrier, karena sebagian besar berat tas tersebut akan ditopang oleh tali pinggang yang jatuh tepat pada posisi tonjolan tulang pinggang. Pilihlah tas yang mempunyai tali pinggang dengan bantalan empuk dan tidak gampang turun dari pinggang, karena pingganglah yang akan menahan beban lebih banyak dibanding bahu.

Tali Penyeimbang Samping & Tali Bahu

Stabilizer Starp

Stabilizer Starp sumber

Tali penyeimbang samping berfungsi untuk mengatur tegangan antara tali pinggang dan punggung tas carrier saat anda menggendongnya. Fungsi lain adalah untuk mengatur kestabilannya saat anda berjalan.

Bantalan bahu harus empuk dan terdapat webbing pengatur yang dihubungkan dengan bagian atas tas. Bantalan bahu tersebut juga idealnya berbentuk kurva melengkung agar kenyamanan dan posisi jatuh di bahu juga enak, terutama untuk wanita. Bahan bantalan bahu juga harus lembut di kulit maupun pakaian anda.

Tali Pengatur Atas

Kecenderungan alami sebuah tas carrier yang berisi adalah akan menggelantung ke belakang, sehingga anda akan selalu melawan kecenderungan itu dengan membungkukkan badan anda ke depan. Untuk membuat nyaman sebuah tas carrier, maka harus mempunyai ikatan pengatur tambahan di antara badan tas dan puncak bantalan bahu yang berfungsi untuk mendekatkan tas tersebut dengan punggung pembawa, sehingga carrier akan tetap tegak di punggung pembawa. Penggunaan pengatur atas ini juga bermanfaat untuk membantu menyebarkan titik beban antara puncak bahu dan tulang leher.

Shoulder Harness & Tali Dada

Shoulder harness

Shoulder harness sumber

Pada umumnya hampir semua tas carrier dapat diatur panjang punggung tas sesuai dengan panjang punggung pemakai, dengan cara menaikturunkan pengatur yang terbuat dari aluminum, plastik atau webbing. Fungsi shoulder harness ialah untuk menjaga agar bagian atas tas carrier kita dekat atau nempel dengan tubuh kita, jadi bisa membagi beban berat yang tidak tertumpu pada satu titik aja.

Tali dada selian berfungsi untuk menahan bantalan bahu agar tetap di tempatnya, dan juga membantu sebagai penyeimbang tas.

 Bantalan Punggung

Bantalan Punggung

Bantalan Punggung sumber

Bantalan pungung adalah titik utama sentuhan antara tas carrier dan punggung anda, oleh karenanya harus nyaman dan mudah untuk diatur. Pilih yang mempunyai mempunyai bantalan di lumbar dan scapula. Bantalan punggung ini juga harus mempunyai rongga udara di bagian punggung. Bahan bantalan punggung ini juga harus cepat kering dan memberi ruang untuk sirkulasi udara.

Sistem Suspensi

Sistem Suspensi sumber

Kenyamanan merupakan urutan terpenting dibanding kekuatan, kualitas, dan harga.

Ruang Utama

Kompartemen Tas

Kompartemen Tas sumber

Kompartemen

Kompartemen

Ruang utama ini merupakan tempat anda menaruh tenda, pakaian, dan bahan makanan anda. Aturlah agar benda terberat yang anda bawa dekat dengan punggung. Beberapa  tas carrier menggunakan bahan anti air.

Ruang Dasar

Ketika tas carrier anda dibagi menjadi dua ruang, pemisah ruang tersebut bisa saja tetap atau dapat di buka. Namun yang jelas masing-masing akan mempunyai pintu tersendiri. Ruang bawah itu biasanya untuk menempatkan barang yang ringan tetapi mempunyai volume yang besar misalnya kantong tidur.

Kantong Samping

Tidak setiap tas carrier dilengkapi dengan kantong samping. Adapula yang kantong sampingnya merupakan tambahan dan dapat dibongkar pasang. Untuk kegiatan panjat tebing atau naik gunung yang berlereng terjal, tas carrier tanpa kantong samping merupakan pilihan yang terbaik. Namun saat anda pergi trekking di gunung atau hutan dan membutuhkan tempat untuk pernak-pernik anda seperti botol air minum, atau botol bahan bakar, kantong samping akan sangat bermanfaat.

Lid

Sebagian besar tas carrier juga dilengkapi dengan penutup ruang utama yang dapat berfungsi pula sebagai penambah ruang isi tas, di mana di bagian atasnya dilengkapi pula dengan tali pengikat yang dihubungkan dengan gesper di bagian belakang tas carrier.

Kantong Atas

Kantong atas merupakan tempat terbaik untuk menyimpan beberapa perlengkapan yang paling sering digunakan, seperti kaos tangan, makanan kecil, topi dan lain-lain.

Rangka Dalam

Tidak seperti rangka luar, rangka dalam sebuah tas carrier mempunyai fungsi yang lebih baik karena lebih ramping dan makin mendekatkan tas tersebut dengan punggung pemakai sehingga memperbaiki kestabilan dan kenyamanan. Pada umumnya rangka dalam ini dibuat dengan alumunium ataupun lembaran plastik yang ringan.

Fitur Lain

Dengan punggungan yang dapat diatur, tak hanya anda yang dapat menggunakan tas carrier tersebut, tetapi juga anggota keluarga atau teman-teman anda. Di samping itu, anda tetap dapat memendekkan punggungan itu tanpa merubah kapasitas tas. Hanya saja pada punggungan yang bisa disetel biasanya mempunyai berat yang lebih dibanding tas carrier yang mempunyai punggungan yang tetap.

Pengikat tambahan yang menempel di luar ransel, dapat berfungsi untuk berbagai keperluan, seperti untuk menaruh matras atau perlengkapan lainnya yang dibutuhkan.

Tas carrier Khusus Perempuan

Perempuan mempunyai punggung yang lebih pendek dibanding laki-laki. Pinggul perempuan juga mempunyai bentuk yang berbeda dengan laki-laki. Tak hanya itu, di bagian dada pun mempunyai bentuk yang berbeda sehingga membutuhkan rancangan dan konstruksi yang berbeda.

Ransel khusus untuk perempuan pada punggung bagian bawah biasanya mempunyai kecenderungan untuk menjauh di bagian pinggul untuk menghindari kontak, sehingga konstruksi tali pinggul harus betul-betul nyaman. Sedang pada bantalan bahu titik awalnya lebih dekat dibanding ransel laki-laki dan bentuknya juga lebih melengkung disesuaikan dengan bentuk umum dada seorang perempuan.

Referensi :
1. Pengalaman pribadi
2. Boris
3. Sectionhiker4. Backapacking-guide

 

 

~RTM
30-05-2014

Iklan

37 thoughts on “Tips Dalam Memilih Tas Carrier Atau Ransel

    • Iya, kalau untuk jalan di perkotaan mah lebih baik tas biasa aja. Tapi kebayang kalau jalan di hutan selama berhari-hari harus pakai day pack, itu mah bunuh diri namanya. Saya juga sebenarnya lebih suka pakai tas biasa saja, hanya untuk keperluan tertentu baru saya pakai ransel.

      Terima kasih sudah berkunjung….
      Semoga harinya menyenangkan :))

  1. berdasarkan pengalaman pribadi, merk & tipe yg paling cocok untuk wanita yah? Sedang mencari carrier tp blum menemukan yg nyaman di punggung dr d***er, e***r. Klo R***l Mo****in gmana menurut mu mba?

    • Wah, saya laki-laki mbak Riri 😀
      Untuk pengalaman saya sendiri, sepertinya Deu**r dan Va**e lebih nyaman dipakai. Saya juga pernah pakai Co****a dan Ei**r tapi gak nyaman dipakai untuk nanjak. malah saya dulu pernah punya merk lokal bandung Fis**r, dan carrier itu nyaman sekali dipakai sehingga saya pakai hingga saat ini.
      CMIIW

    • Wah, kalau masalah merk mah tergantung aplikasinya mbak. Ada beberapa merek besar seperti D*uter, V*ude,Jack W*lfskin, TN* maupun E*ger dan C*nsina dari lokal. Kalau saya sih memilih yang pertama dan terakhir, karena berdasarkan pengalaman kedua tas tersebut nyaman dipunggung ketika dipakai sewaktu naik gunung.

      • Salam lestari kang rahmat…
        artikelnya dua jempol… mau 4 takut dibilang ga sopan 😀
        kang kalo referensi bikin tas sendiri dimana ya??? oh ya lagi main explorasi apa nih?… pantera tigris sundaeca kayanya bisa jadi objek bagus
        elcak@rocketmail.com

      • Salam lestari juga…
        Dulu ane buat tas sendiri di Fischer, tempatnya dekat dengan kampus STPDN. Klo ga salah deket sama gerbang UNWIM, dan pemiliknya adalah Kang Ano. Ada juga di daerah Cileunyi namanya kang Erick…
        Dua tas tersebut sangat nyaman dipakai untuk backpackeran, ultralight hiking maupun pendakian.

        Untuk saat ini masih sibuk eksplorasi buku aja, lagi nyusun tesis soalnya :mrgreen:

  2. Ping-balik: Tips Memilih Tas Wanita Murah Dan Berkualitas | | Grosir Tas Import China Murah | Dhey N Dhey Online Store

  3. Ping-balik: Berbagai Model Tas Santai Wanita | Grosir Tas Import www.dheyndhey.com memberikan Diskon Besar- besaran Khusus Reseller | Grosir Tas Import China Murah | Dhey N Dhey Online Store

  4. Bang, saya kan masih pemula dalam hal beginian. Kira kira kalo carrier merk consina tipe expedition 75+5 sudah masuk kriteria carrier yg baik seperti diatas belum ya? Btw saya perempuan. Maaf sebelumnya karena nyebut merk hehe. Terima kasih.

  5. Ping-balik: Berbagai Model Tas Santai Wanita | Jual Tas Impor China dan Korea

  6. Ping-balik: Tips Memilih Tas Wanita Murah Dan Berkualitas | Jual Tas Impor China dan Korea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s