Beberapa Tips Saat Hendak Liburan Dan Mudik

Tradisi Mudik

Tradisi Mudik sumber

Aura liburan yang semakin dekat sering membuat semangat bekerja menurun. Beberapa orang teman sekantor kebanyakan sudah mengambil cuti menjelang hari raya idul fitri tahun ini. Alhasil kantor kosong melongpong tanpa ada aktivitas yang berarti. Meski kebanyakan dari mereka dalam setahun ini berulang kali pulang ke kampung halaman, akan tetapi tradisi untuk merayakan hari raya bersama keluarga terdekat rasanya sangat sayang untuk dilewatkan.ย Hingga kini tradisi ini memang masih menjadi pola bagi tindakan sebagian masyarakat kita.

Tradisi mudik adalah dialog antara tradisi Islam dengan tradisi Jawa, yaitu tradisi silaturrahmi dengan tradisi sungkeman di dalam tradisi Jawa. Jika di dalam tradisi Islam memang didapatkan teks mengenai aktivitas untuk saling berkunjung ke rumah, maka di dalam acara sungkeman yang khas Jawa adalah tradisi yang sesungguhnya diprakarsai oleh para raja dan keturunannya, namun juga menjadi tradisi masyarakat yang masih mengagungkan budaya Jawa.

Nah, berhubung kini sedang ramai-ramainya jalanan penuh sesak dengan para pemudik, maka tak ada salahnya kali ini saya akan berbagi tips agar merasa aman saat meninggalkan kantor dan rumah. Agar tenang meninggalkan kantor pada saat libur lebaran nanti, lalukan beberapa hal berikut ini :

  • Buat daftar
    Menjelang libur, buat daftar pekerjaan yang tersisa. Prioritaskan pekerjaan yang bisa diselesaikan sebelum liburan dan kordinasikan ke atasan atau rekan untuk pekerjaan yang belum selesai.
  • Informasi yang jelas
    Pastikan atasan, rekan kerja terkait, dan klien aktif mengetahui rencana cuti Anda. Agar ketika hari pertama masuk kerja semua mengetahui rencana anda.
  • Bersihkan meja
    Agar kembali kerja ketika selesai liburan menjadi menyenangkan. Bersihkan dan rapihkan meja serta buang snack yang tersisa agar tidak mengundang serangga.
  • Perhatikan keamanan
    Kantor yang kosong bisa jadi menarik bagi tangan-tangan jahil. Pastikan benda-benda berharga Anda berada dalam laci terkunci bila perlu bawa pulang.
  • Matikan alat elektronik
    Cabut charger atau alat listrik lain yang tak terpakai selama Anda liburan. Selain menghemat energi, kegiatan ini juga penting untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.
  • Sebelum meninggalkan kantor
    Jangan berniat menyisakan pekerjaan untuk diselesaikan di rumah bila Anda bisa menyelesaikannya sebelum pulang. Jika Anda tak mungkin lepas dari pekerjaan selama liburan, jangan lupa membawa berkas penting, daftar kontak, atau hal-hal yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan selama berlibur.

Dan untuk teman-teman yang akan melaksanakan mudik, berikut beberapa tips meninggalkan rumah saat akan mudik ke kampung halaman:

  1. Hindari hal-hal yang dapat menunjukkan bahwa rumah sedang kosong agar tidak menarik perhatian pelaku kejahatan. Misalnya, jika berlangganan koran, dengan meminta loper koran untuk tidak mengirimkan koran selama mudik. Upayakan agar lampu rumah tidak dalam keadaan menyala terus selama pergi. Bila perlu, pasang lampu otomatis yang dapat mati dan menyala sendiri dengan pengaturan waktu yang diinginkan. Selain itu, bisa juga dengan meletakkan sandal atau sepatu di depan pintu rumah.
  2. Selama mudik, pastikan tidak meninggalkan barang berharga seperti uang dan perhiasan di rumah. Agar lebih aman, simpan perhiasan dan uang di bank.
  3. Pastikan semua pintu dan jendela rumah terkunci rapat sebelum meninggalkan rumah. Jangan meninggalkan kunci rumah cadangan di bawah pot, keset atau tempat-tempat tertentu.
  4. Matikan semua listrik yang tidak digunakan untuk menghindari hubungan arus pendek yang dapat menimbulkan kebakaran.
  5. Bila perlu, titipkan rumah pada orang yang dipercayakan, tetangga atau satpam perumahan. Mintalah mereka untuk mengecek keadaan rumah sesekali.
  6. Bila diperlukan, pasang alarm sekuriti di rumah atau memasang kamera CCTV di beberapa titik di rumah seperti halaman rumah, ruang tamu dan ruang tidur.

 

Diolah dari berbagai sumber & pengalaman pribadi

~RTM
23-07-2014

Iklan

27 thoughts on “Beberapa Tips Saat Hendak Liburan Dan Mudik

  1. Mudik untuk menjalin silaturrahim, biar tenang dan sesuai niat awalnya, pekerjaan harus selesai, rumah ditinggal dalam keadaan aman, di perjalanan juga sesuai aturan. Selamat mudik *bagi yang mudik ๐Ÿ™‚

  2. Tips meninggalkan rumah maupun di perjalanan saat mudik lumayan sering membaca. Namun tips meninggalkan kantor, komunikasi dengan klien, sisi yang jarag diulas, trima kasih Mas Rahmat berbagi tips ini.
    Selamat mempersiapkan mudik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s