Tolak Ekspansi Pabrik Gunung Garuda

Sepertinya ada beberapa hal yang sedikit mengusik isi kepalaku diakhir bulan agustus ini. Mulai dari proposal tesis yang sudah hampir dead line, IPK yang tidak ada kenaikan berarti, urusan pembuatan rumah kecil untuk keluargaku, proses persiapan lahiran adiknya Rinjani hingga proses penolakan warga desa akan ekspansi perluasan pabrik peleburan baja dikampungku. Masalah terakhir inilah yang sedikit banyak mengusik pikiranku, karena sepertinya sudah terbayang dampak yang akan terjadi pada lingkungan apabila perusahaan tersebut tetap dibiarkan melakukan perluasan pabrik dilingkungan perumahan.

Tolak Ekspansi Gunung Garuda

Tolak Ekspansi Gunung Garuda

Bukan hanya sekali dua kali warga desa melakukan ekpresi penolakan, akan tetapi pihak perusahaan tetap tidak bergeming. Puncak kekesalan warga kampungku pun akhirnya terjadi pada tanggal 01 september 2014 yang lalu. Sebanyak kurang lebih 5.000 orang menggeruduk kantor kabupaten Bekasi, menuntut campur tangan pemerintahan kabupaten menangani hal tersebut. Yang lebih aneh, sepertinya media tak ada yang mengekspos kejadian ini. Hanya beberpa media yang menurunkan aksi massa warga menolak peleburan pabrik baja Gunung Garuda ini, itupun bukan menjadi head line di medianya.

Aksi Massa menolak Gunung Garuda

Aksi Massa menolak Gunung Garuda

Apakah media sudah bersikap tidak netral menghadapi masalah ini ?

Padahal isu perusakan lingkungan adalah hal yang sangat kompleks dan akan berakibat rusaknya habitat serta ekosistem dilingkungan tersebut. Dampaknya akan berakibat kepada anak cucu kita di masa yang akan datang. Pencemaran udara oleh aktivitas produksi peleburan baja yang sangat signifikan serta  pembuangan limbah scrap besi. Belum lagi penutupan daerah resapan air di Rawa Palangan dapat mengakibatkan timbulnya banjir, yang tentunya akan berakibat pada tertutupnya jalan raya oleh air seperti yang sudah terjadi belakangan ini.

Aksi Warga Telaga Murni menolak Gunung Garuda

Aksi Warga Telaga Murni menolak Gunung Garuda

Anak-anak pun Ikut Aksi

Anak-anak pun Ikut Aksi

Salah Satu Spanduk Aksi Penolakan Gunung Garuda

Salah Satu Spanduk Aksi Penolakan Gunung Garuda

Semoga saja perjuangan kawan-kawan Karang Taruna melawan ekspansi Gunung garuda akan membuahkan hasil, sehingga meskipun aku tinggal dan menetap di Kalimantan Timur tidak khawatir akan rusaknya ekosistem di tanah kelahiran ku.

Ayo Dukung dan Tolak Ekspansi PT Gunung Garuda Sekarang Juga…!!!

 

~RTM Sengatta, Kutai Timur 09-09-2014

Iklan

10 thoughts on “Tolak Ekspansi Pabrik Gunung Garuda

  1. Ping-balik: Dukungan Menolak Ekspansi Gunung Garuda Dari Saudara Jauh | tolakekspansigununggaruda

    • Alhamdulillah, kita murni berjuang dan lahir dari keresahan masyarakat desa Telaga Murni akan dampak yang ditimbulkan oleh pembangunan pabrik yang disponsori para kyai dan alim ulama. Untuk dananya kami swadaya dari kantong karang taruna sendiri dan beberapa anggota DPRD Kab bekasi yang dulu memang aktif di organisasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s