Berhentilah Mengeluh

Mengeluh

Mengeluh source

Masihkah kamu mengeluh dengan kondisi saat ini?

Kondisi ekonomi yang masih belum stabil, pekerjaan dengan gaji yang rendah, atasan yang otoriter, nilai kuliah yang tidak pernah beranjak dan lain sebagainya. Mengeluh merupakan satu hal yang sangat mudah dilakukan dan bagi beberapa orang hal ini telah menjadi suatu kebiasaannya. Kalau kamu termasuk orang yang suka mengeluh maka ketahuilah bahwa kebiasaan mengeluh tidak akan membuat situasi yang kamu hadapi saat ini akan menjadi lebih baik, malahan hanya akan menguras energi  dan menciptakan perasaan negatif yang tidak memberdayakan diri mu.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa kita sering mengeluh? Kita mengeluh karena kita kecewa bahwa realitas yang terjadi tidak sesuai dengan harapan atau keinginan kita. Dan yang perlu kita sadari bahwa hal ini akan terjadi hampir setiap hari dalam kehidupan yaitu kenyataan yang terjadi seringkali tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jadi cara mengatasinya sebenarnya mudah kita hanya perlu belajar bersyukur dalam segala keadaan yang kita hadapi.

Mulailah untuk mengambil waktu bersyukur setiap hari. Bersyukurlah atas semua yang telah Tuhan berkan padamu seperti : pekerjaanmu, kesehatanmu, keluargamu atau apapun yang dapat kamu syukuri. Bersyukurlah lebih banyak dan percayalah bahwa hidupini akan lebih mudah dan keberuntungan senantiasa selalu bersamamu, karena kamu dapat melihat hal-hal yang selama ini mungkin luput dari pandangan karena  terlalu sibuk mengeluh.

Jika semakin banyak kita bersyukur atas apa yang kita miliki, maka semakin banyak hal yang akan kita miliki untuk disyukuri. Berarti semakin banyak kita mengeluh atas masalah yang di alami, maka jangan heran jika rasanya semakin banyak masalah yang kita alami untuk dikeluhkan.

Jangan mengeluh bila menghadapi kesulitan-kesulitan hidup, tetapi lakukanlah hal berikut ini ; Tutuplah mata mu, tarik nafas panjang, tahan sebentar dan kemudian hembuskan pelan-pelan dari mulut , lalu buka mata mu, tersenyumlah dan pikirkanlah bahwa suatu saat nanti kamu akan bersyukur atas semua yang terjadi pada saat ini.

Mulai saat ini biasakanlah diri untuk tidak ikut-ikutan mengeluh bila sedang bersama teman-teman yang sedang mengeluh. Coba beri tanggapan yang positif atau tidak sama sekali. Selalu berpikir positif dan kembangkan sikap penuh syukur lalu lihatlah perubahan dalam hidup mu mulai dari sekarang.

Dan ketika kamu sedang bersedih dan hidupmu dalam kesusahan, tersenyum dan berterima kasihlah kepada Tuhan bahwa kamu masih hidup hingga detik ini !
a. Life is a gift…
b. Live it…
c. Enjoy it…
d. Celebrate it…
e. Fulfill it…
f. And enjoy it…
Sumber : pengalaman pribadi dan dari sini

 

~RTM
29-09-2014

Iklan

20 thoughts on “Berhentilah Mengeluh

  1. Nah, saya garis bawahi kalimat ini Kang…Mulailah untuk mengambil waktu bersyukur setiap hari. Bersyukurlah atas semua yang telah Tuhan berkan padamu…
    Itulah jawabannya, bersyukur…

    Salam,

  2. Ping-balik: Belajar Bersyukur Dari Orang Yang Cacat | rindutanahbasah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s