Sate Kikil Cikarang

Sate adalah salah satu makanan yang banyak disukai oleh masyarakat. Makanan ini paling pas disantap saat cuaca yang dingin dengan ditambah sop. Biasanya dinikmati dengan sepiring nasi dan lauk pauk lainnya. Sate juga ternyata banyak variannya. Salah satunya adalah sate kikil. Rasanya yang khas dan lezat hingga membuat ketagihan banyak orang.

Berhubung siang ini ane ngejalanin puasa (insha allah), nah nggak ada salahnya khan ane akan coba kenalin salah satu makanan favorit ane nyang bikin kangen sama tanah kelahiran. Yups, makanan favorit kebanyakan orang Betawi Cikarang biasanya sih gak jauh-jauh amat dari jengkol, petai, sayur asem, gabus kering ama sayur gabus pucung. Kalau sate kikil? Pernahkah mencicipi sate kikil khas cikarang?

Sate Kikil adalah makanan berbentuk sate dari bagian kulit binatang yang direbus dalam waktu yang lama sehingga menjadi berbentuk seperti gel, yang dinamai kikil. Sate ini biasanya dikonsumsi dengan kuah kacang, bacem, atau bumbu kuning, tergantung variasi resep di tiap daerah.

Warung sate yang satu ini memang terlihat biasaΒ saja dan tidak beda jauh dengan warung-warung makanan kaki lima pada biasa nya. Hanya sebuah gerobak biru berukuran sedang dengan panggangan yang berada persis di bahu jalan dan dengan bangku-bangku yang berwarna merah serta biru yang berada di atas teras sebuah show room bekas honda yang sudah tak beroperasi.

Sate Khas Cikarang Yos Sudarso

Sate Khas Cikarang Yos Sudarso sumber

Seingat ane warung makan ini sudah beroperasi sejak tahun 200an dan sudah banyak pelanggan nya dari berbagai kalangan, dari anak kecil sampai yang dewasa karena rasa yang tidak pernah berubah dan sejak lama di lestarikan dan dipatenkan dengan sate khas cikarang yang terkenal dari tahun 1954 dan keturunan langsung Engkong Aman yang sudah tak diragukan lagi keaslian dan ke-khasan nya. Makanan sate kikil mengalami kejayaannya di cikarang sekitar tahun 1960an dengan pedagang muda (engkong aman) yang gagah memikul pikulan yang besar dan muatan yang banyak. Engkong muda dengan inovasi dan cita rasa yang tinggi pada masa itu, meracik berbagai macam resep dan bumbu rempah hingga tersaji rasa bumbu sate kikil khas cikarang yang sekarang bisa dinikmati dan dirasakan.

Sate Khas Cikarang

Sate Khas Cikarang sumber

Sekarang dengan generasi yang ke dua, Bang Abrag yang tetap melestarikan cita rasa sate kikilΒ  khas cikarang dengan terus mempertahankan keasliannya dan tetap memegang teguh rahasia dan warisan yang akan di sajikan untuk para pecita rasa khas cikarang. Abrag sate kikil yang berlokasi di jalan Yos Sudarso depan pasar lama Cikarang Bekasi adalah generasi ke 2 yang tetap mempertahankan keaslian dan warisan dari engkong.

Bagi kalian yang belum pernah mencicipi dan merasakan ke khasan cita rasa sate kikil cikarang ini, alangkah baik nya jika anda mencicipinya segera. Jika kalian datang dari arah jakarta dan akan menuju karawang anda bisa berhenti di daerah cikarang utara persis nya di pasar lama cikarang jalan Yos sudarso Cikarang dan bagi anda yang berada di daerah karawang anda bisa memutarkan kendaraan anda persis di pertigaan terminal Cikarang ke arah pasar lama cikarang jalan Yos sudarso.

Sate Khas Cikarang RE Martadinata

Sate Khas Cikarang RE Martadinata

Akan tetapi jika anda tidak menemukannya, jangan khawatir karena hingga saat ini sate kikil khas cikarang sudah berjamuran seperti yang terletak di depan jalan RE Martadinata depan RS Bakti Husada Cikarang. Jadi sebelum pertigaan terminal cikarang, anda bisa menemukan salah satu warung sate lainnya. Nah tak ada salahnya khan mencoba, salah satu makanan khas cikarang ini.

Sate Kikil Cikarang

Sate Kikil Cikarang

~RTM
02-10-2014

Iklan

50 thoughts on “Sate Kikil Cikarang

  1. Wah, saya belum pernah nyoba sate kikil, jadi penasaran gimana rasanya πŸ˜€ .
    Kalau di Banda Aceh, saya suka sate kambing khas Madura yang di jual di daerah Stui, sebungkus 17 ribu. Dagingnya empuk πŸ˜€ . Puas banget makannya πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s