Bersih Kampung Bersama KPA RANTING Jilid 1

Ini dia, salah satu terobosan kreatif dilakukan oleh para penggiat olahraga alam terbuka KPA RANTING Cikarang Barat. Meski bisa dibilang kehidupan organisasinya saat ini hidup segan mati tak mau, tetapi ada sekelompok kecil anggota yang tetap eksis menjalankan roda organisasi tersebut. Di awali kegiatan nongkrong bareng sehabis menunaikan kerja selama 1 hari penuh di Saung RANTING, akhirnya tercetuslah sebuah ide gila dari kawan-kawan yaitu dengan menggelar acara “Bersih-bersih kampung halaman”.

Banner Bersih Kampung

Banner Bersih Kampung

Sebenarnya dalam hati ane sendiri menolak ide gila kawan-kawan ini. Bagaimana tidak, kampung halaman ane di Telaga Murni luasnya dari ujung Cikarang Barat sampai ujung Cibitung. Nah lo, gimana ditempat sekarang ane tinggal ini katanya luasnya lebih gede dari kampung halaman ane. Mulai dari pinggir kali Cikarang dekat terminal Cikarang, kemudian nyambung hingga kali CBL (Cikarang Bekasi Laut). Mana 75% lahannya udah jadi tempat tinggal lagi. Makin krodit aja nich, bisa-bisa kita keurugan sampah pikir ane. Tapi meski kurang setuju, untuk kali ini ane tetap diam dan gak mau menurunkan semangat mereka. Yang pasti apapun itu, kalau untuk kebaikan mah insha Allah ane akan dukung hingga titik darah penghabisan.

Ya… meski keinginan untuk tetap menggapai puncak-puncak tertinggi di bumi nusantara ini masih tetap menggebu-gebu, akan tetapi jika melihat kondisi cuaca yang begitu tidak bersahabat belakang ini rasanya tidak mungkin untuk melakukan pendakian. Mengingat beberapa bulan terakhir banyak sahabat kita dari kelompok pecinta alam lain yang hilang dan tersesat ketika mendaki, atau bahkan ada yang sampai meninggal semakin memantapkan hati ini untuk tidak akan melakukan pendakian hingga cuaca benar-benar bersahabat. Bukannya ciut nyali, akan tetapi alam bukan untuk ditaklukan akan tetapi untuk disiasati. Jadi tetap “SAFETY FIRST…!!!” dalam sebuah pendakian.

Ketimbang nongkrong gak karuan, lebih baik kami melakukan hal kecil bagi nusantara, terutama untuk kampung halaman dan lingkungan tempat tinggal. Meski sedikit perbuatan, hal tersebut akan jauh lebih baik dari pada diam menekur diri. Mengingat musim penghujan di Cikarang sudah semakin intens dan entah kapan akan berhentinya, tak ada salahnya kali ini kami lakukan sebuah langkah kecil untuk membersihkan sampah dan kotoran yang menjadi penghambat jalannya air di selokan.

Para Pelaku Utama

Para Pelaku Utama

Istirahat

Istirahat

Mulai Beraksi Lagi

Mulai Beraksi Lagi

Sampah memang menjadi momok menakutkan, karena dengan menumpuknya sampah akan banyak bahaya yang ditimbulkan olehnya. Potensi bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan adalah sebagai berikut: Penyakit diare, kolera, tifus menyebar dengan cepat karena virus yang berasal darisampah dengan pengelolaan tidak tepat dapat bercampur air minum. Penyakit demam berdarah (haemorhagic fever) dapat juga meningkat dengan cepat di daerah yang pengelolaan sampahnya kurang memadai. Penyakit jamur dapat juga menyebar(misalnya jamur kulit). Penyakit yang dapat menyebar melalui rantai makanan. Salah satu contohnya adalah suatu penyakit yang dijangkitkan oleh cacing pita (taenia). Cacing ini sebelumnya masuk ke dalam pencernakan binatang ternak melalui makanannya yang berupa sisa makanan/sampah.

Penguraian sampah yang dibuang ke dalam air akan menghasilkan asam organik dan gas-cair organik, seperti metana. Selain berbau kurang sedap, gas ini dalamkonsentrasi tinggi dapat meledak. Dampak terhadap keadaan social dan ekonomi -Pengelolaan sampah yang kurang baik akan membentuk lingkungan yang kurang menyenangkan bagi masyarakat: bau yang tidak sedap dan pemandangan yang buruk karena sampah bertebaran dimana-mana. Memberikan dampak negatif terhadap kenyamanan tempat tinggal. Pengelolaan sampah yang tidak memadai menyebabkan rendahnya tingkat kesehatan masyarakat.

Terkadang manusia tidak menyadari bahwa membuang sampah apakah membuang sampah tidak pada tempat yang telah disediakan akan mengakibatkan dampak yang cukup signifikan. Oleh karena hal itulah, maka sampah harus di buang pada tempatnya. Karena itu merupakan jalan yang terbaik untuk kehidupan manusia.

Tumpukan Sampah

Tumpukan Sampah 😥

Dengan berbekal peralatan tempur yang seadanya, kami berangkat untuk membersihkan satu titik didepan kampung tercinta yang kami kira cukup parah kondisinya. Selain itu, pada tempat tersebut ada sebuah persimpangan saluran air yang cukup besar. Jika kondisi hujan cukup deras, potensi banjir pada lokasi tersebut sering kali terjadi. Untuk itulah kami fokuskan pada lokasi tersebut, baru kemudian selanjutnya akan kami lanjutkan menuju saluran air dan jalanan hingga ke ujung kampung.

Setelah

Setelah

Sesudah Bekam

Sesudah Bekam

Akhirnya Makan :mrgreen:

Akhirnya Makan :mrgreen:

Bersambung…

~RTM
11-12-2014

Iklan

10 thoughts on “Bersih Kampung Bersama KPA RANTING Jilid 1

  1. Salut banget mas, kegiatannya bermanfaat banget buat lingkungan…

    Asyik… banget ya kalau dah bisa menetap dan punya tempat tinggal yang jelas… kalau saya bingung mas, status masih jadi kontraktor sampai sekarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s