Selamat Hari Bumi

Makna dari hari bumi adalah mengingatkan bahwa begitu pentingnya merawat dan menjaga bumi kita agar tidak semakin rusak oleh ulah perbuatan manusia. Tidak hanya ikut untuk merayakan saja, tetapi sedikit berbuatย untuk numi tercinta harus kita lakukan demi kelestarian hayati. Demi masa depan kita dan anak cucu kita kelak….!

Sekilas tentang Hari Bumi

Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang Bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini, yaitu Bumi.

Hari Bumi diselenggarakan pertama kali pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang senator dari negara bagian Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup.

Gagasan tentang peringatan Hari Bumi mulai disampaikan oleh Nelson sejak tahun 1969. Saat itu, ia memandang perlunya isu-isu lingkungan hidup untuk masuk dalam kurikulum resmi perguruan tinggi. Gagasan ini kemudian mendapat dukungan luas.

Dukungan ini mencapai puncaknya pada tanggal 22 April 1970. Saat itu, jutaan orang turun ke jalan, berdemonstrasi dan memadati Fifth Avenue di New York untuk mengecam para perusak Bumi. Majalah TIME memperkirakan bahwa sekitar 20 juta manusia turun ke jalan pada 22 April 1970.

Momentum ini kemudian menjadi tonggak sejarah diperingatinya sebagai Hari Bumi yang pertama kali. Kini, Hari Bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Networks).

Selamat Hari bumi 22 April 2015….

~RTM
22-04-2015

Iklan

21 thoughts on “Selamat Hari Bumi

  1. Sayangnya hanya sebatas mengenang hari, satu hari dalam setahun, dan anjuran, … setelah itu hilang maknanya. Begitu setiap tahun terulang, sejak tahun 70an tanpa ada langkah2 yang konkrit dari pembuat kebijakan.

    Kemajuan teknologi makin mendorong pemakaian energi yang berlebih, hemat di satu sisi, boros di sisi lainnya. Ini yang membuat bumi semakin sakit.

    SELAMATkan BUMI

    • Begitulah kenyataannya, para pembuat kebijakan sepertinya enggan menekan pemakaian energy berlebih pak.

      Alhamdulillah, meski hanya setitik di samudera kami sudah mengajarkan sedari kecil kepada anak-anak untuk mulai mereduksi kantong plastik dan mulai menanam pohon serta menggunakan lampu hemat energy ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s