Buka Bersama KPA – RANTING

Sekian lama tidak mendaki gunung bersama, kegiatan organisasi pun masih hidup segan mati tak mau membuat tali silaturahmi kami hampir saja meredup. Beruntung, ditengah suasana tidak menyenangkan ini muncul sebuah ide brilian dari teman untuk mengadakan acara buka bersama teman-teman pendaki gunung KPA – RANTING. Mau tidak mau, semua undangan harus di reschedule dengan harapan saya bisa ikut bergabung di acara tersebut. Maklum schedule bulan ini agak sibuk, baru pulang dari Banjarmasin langsung ke Surabaya lanjut ke Marunda untuk project tambang Nikel Sorowako Sulawesi Selatan. Begitulah keadaanya, sudah seperti as roda yang berputar tanpa kenal lelah.

Ya buka puasa bersama para Pendaki RANTING, sebuah acara yang cukup menarik dan bisa menjalin kembali tali silaturahmi yang sudah hampir meredup ini. Jika di cermati tenyata tradisi ini juga memiliki manfaat bukan hanya bagi peserta buka puasa bersama namun juga bermanfaat bagi orang lain. Adanya ajang kumpul-kumpul ini mestinya dimanfaatkan pula untuk membuka jalan dalam berlomba-lomba dalam kebaikan dengan kegiatan ibadah secara kolektif, seperti mengumpulkan zakat dan menyalurkannya ke wadah yang membutuhkan misalnya. Dengan demikian, kegiatan ini sangatlah bermanfaat dan diharapkan untuk bisa terus eksis. Alangkah lebih baiknya apabila buka puasa bersama di bulan suci Ramadhan ini juga ditingkatkan kwalitasnya dan bisa dinikmati jamaah dalam skala yang lebih luas.

Buka Bareng RANTING

Buka Bareng RANTING

Buka puasa bersama bukan sekedar temu kangen dan bersorak sorai bersama kolega sesama pendaki dan pecinta alam saja, namun lihatlah ini sebagai momen untuk menyambung tali silaturahmi yang telah lama terputus dari kawan lama atau saudara jauh misalnya. Adapun perkara menjalin silaturahmi ini sangat penting bagi umat muslim, seperti berikut ini:

Dari Abu Ayyub Al Anshori, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang amalan yang dapat memasukkan ke dalam surga, lantas Rasul menjawab :

تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا ، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ ، وَتُؤْتِى الزَّكَاةَ ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ

Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat).” (HR. Bukhari no. 5983)

Dari Abu Bakroh, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ ذَنْبٍ أَجْدَرُ أَنْ يُعَجِّلَ اللَّهُ تَعَالَى لِصَاحِبِهِ الْعُقُوبَةَ فِى الدُّنْيَا – مَعَ مَا يَدَّخِرُ لَهُ فِى الآخِرَةِ – مِثْلُ الْبَغْىِ وَقَطِيعَةِ الرَّحِمِ

Tidak ada dosa yang lebih pantas untuk disegerakan balasannya bagi para pelakunya [di dunia ini] -berikut dosa yang disimpan untuknya [di akhirat]- daripada perbuatan melampaui batas (kezhaliman) dan memutus silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat)” (HR. Abu Daud no. 4902, Tirmidzi no. 2511, dan Ibnu Majah no. 4211, shahih)

Abdullah bin ’Amr berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْسَ الْوَاصِلُ بِالْمُكَافِئِ ، وَلَكِنِ الْوَاصِلُ الَّذِى إِذَا قَطَعَتْ رَحِمُهُ وَصَلَهَا

Seorang yang menyambung silahturahmi bukanlah seorang yang membalas kebaikan seorang dengan kebaikan semisal. Akan tetapi seorang yang menyambung silahturahmi adalah orang yang berusaha kembali menyambung silaturahmi setelah sebelumnya diputuskan oleh pihak lain.” (HR. Bukhari no. 5991)

Alhamdulillah meski total sekitar 60 orang yang masih tercatat sebagai anggota tetap RANTING, hanya setengahnya saja yang bisa hadir memenuhi undangan acara buka puasa bersama ini. Sebagai salah seorang pendiri dari organisasi ini sebetulnya saya agak sedikit kecewa dengan rasa kepedulian kawan-kawan terhadap kelangsungan organisasi ini. Tetapi disatu sisi, saya juga memaklumi kesibukan kawan-kawan yang saat ini mungkin sudah berkeluarga dan memiliki kesibukan masing-masing.

Jadi marilah kita perbaiki pandangan kita mengenai acara buka puasa bersama yaitu dengan niat ikhlas untuk ibadah dan tetap menjalin tali silaturahmi.

Ibu Negara Sudah bawa Momongan

Ibu Negara Sudah bawa Momongan

Hangat & Akrab

Hangat & Akrab

Tetap Ceria Meski Perut Lapar :D

Tetap Ceria Meski Perut Lapar 😀

Menunggu Beduk Maghrib

Menunggu Beduk Maghrib

Buka Bareng

Buka Bareng

Buka Bareng

Buka Bareng

Hangat & Akrab

Hangat & Akrab

Source : Lazada

 

~RTM
11 Juli 2015

Iklan

4 thoughts on “Buka Bersama KPA – RANTING

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s