Pantai Samudera Baru

Bagi anda yang sedang mencari alternatif tempat wisata laut, dekat dan terjangkau, kini anda tidak perlu jauh-jauh untuk mencarinya. Sekarang di Desa Sungaibuntu, kecamatan Pedes kabupaten Karawang terdapat sebuah tempat wisata laut yang tidak kalah indahnya dengan wisata laut di daerah lain. Kabupaten Karawang memiliki banyak aset wisata pantai, salah satunya adalah Pantai Samudera Baru yang merupakan wisata andalan Kabupaten Karawang setelah Tanjung Pakis. Ya, nama tempat wisata tersebut adalah Pantai Samudera Baru. Pantainya relatif sepi tapi cukup bersih dan tidak banyak sampah. Meskipun di muara airnya agak kecoklatan namun semakin ke tengah airnya makin biru. Pasir pantainya bersih dan banyak kerang-kerang yang berbentuk unik yang terbawa ombak. Eits, jangan coba-coba untuk membandingkan dengan Pantai Ujung Genteng yang airnya sangat bening dan sudah terkelola dengan baik. Menyusuri tepian pantai sembari mengumpulkan kerang dan kepiting kecil akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Pantai Samudera Baru memang belum terpoles dengan baik, pengunjung biasanya hanya datang saat liburan sekolah atau hari raya.

Pantai Samudera Baru berada di wilayah utara Karawang, tepatnya di Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes. Jaraknya, hanya sekitar 40 kilometer dari kota Karawang. Memiliki pemandangan alam yang cukup eksotis dan layak untuk dijadikan tempat wisata unggulan. Di area pantai juga, terdapat warung-warung yang menjual hidangan laut yang menggugah selera. Jadi, ketika kita lelah dan lapar setelah bermain air, bisa langsung menikmati santapan laut yang di jual di warung-warung tersebut. Harganya pun cukup kompetitif dan tidak menguras kantong. Ketika liburan lebaran idul fitri 1436 H kemarin, 1 porsi ikan kakap bakar hanya dihargai Rp. 140.000. Sedangkan ikan etong bakar dihargai Rp.70.000/ekor nya.

Akses menuju pantai tersebut, tidaklah sulit. Anda cukup melewati jalur utama Rengasdengklok – Pedes, anda akan sampai ke tempat wisata. Dari arah pasar Rengas dengklok, tinggal lurus saja menuju ke arah Pedes. Hati-hati jangan sampai anda belok ke kanan, karena jika anda mengambil arah kanan maka akan ke arah Pantai Tanjung pakis dan Candi Jiwa. Tersedia angkutan umum dari Rengasdengklok sampai ke Pasar Sungai Buntu. Meskipun angkutan umum menuju lokasi sangat minim, akan tetapi sarana jalan sudah cukup bagus hingga ke lokasi. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, alangkah lebih baiknya jika kita membawa kendaraan sendiri.

Pantai Samudera Baru

Pantai Samudera Baru

Namun pantai ini menyimpan potensi besar jika benar-benar dikelola dengan serius. Wisata yang satu ini dapat menjadi alternatif tujuan liburan bagi warga  disekitar  Karawang, Cikampek, Cikarang, Bekasi, karena tidak perlu terlalu jauh jika ingin berlibur menikmati suasana pantai. Jarak yang dekat membuat biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar sehingga masyarakat ekonomi kelas menengah ke bawahpun bisa menikmatinya keindahannya.

Saat libur lebaran seperti sekarang, pantai ini banyak dikunjungi wisatawan mungkin karena lokasinya yang cukup dekat dan tempat rekreasi lainnya sedang penuh. Menurut pengelola pantai wisata Samudera Baru, jumlah pengunjung saat libur lebaran membludak hingga mencapai puluhan ribu, bahkan banyak pengunjung yang tidak sampai dan beralih ke tempat wisata lain karena macet. “Ada juga beberapa pengunjung yang terpaksa balik arah, atau sengaja mengalihkan tujuan karena tidak ingin menghabiskan waktu ditengah kemacetan jalan menuju lokasi. Dengan harga tiket masuk Rp. 7.000/orang dewasa dan Rp. 5.000/orang anak kecil serta biaya parkir Rp. 20.000/motor sudah termasuk tiket masuk, kiranya tempat ini menjadi salah satu opsi untuk melewatkan libur lebaran tahun ini.

Berbasah Ria

Berbasah Ria

Sebenarnya ini kali ke empat saya dan keluarga berlibur ke lokasi ini. Selain jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah, biaya yang murah satu lagi yang membuat saya senang berlibur ke sini adalah ikan bakar nya. Karena selain ikannya masih segar, ketika hendak pulang kita bisa mampir sejenak di pelelangan ikan untuk membeli ikan langsung dari nelayan. Jadi kita bisa membawa oleh-oleh ikan laut yang masih segar dengan harga yang cukup murah.

~RTM
21-07-2015

Iklan

14 thoughts on “Pantai Samudera Baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s