Baju Pangsi Betawi

Rasanya kembali ke tahun 1800an saat pertama kali keluar memakai pakaian pangsi ini. Sebenarnya ini bukan pertama kali saya memakai baju pangsi. Dulu ketika baru umur 15 tahun saat belajar ilmu beladiri pencak silat, setiap hendak latihan saya pasti mengenakan baju pangsi ini. Mungkin sudah lebih dari 20 tahun saya tidak menggunakannya, jadi wajar saja agak canggung saat mengenakannya kembali. Sebenarnya baju pangsi ini cocok sekali untuk digunakan sehari-hari, hanya saja karena harga nya cukup menguras kantong maka baju ini jarang digunakan sehari-hari. Alhasil baju adat ini hanya digunakan disaat-saat tertentu seperti acara 17 agustusan kemarin.

Bersama KPA RANTING

Bersama KPA RANTING

Sebenarnya masih banyak pakaian adat di Indonesia yang memiliki nilai sejarah dan nilai pengetahuan yang penting. Salah satu dari banyak pakaian adat di Indonesia yang memiliki makna sejarah, representasi sebuah komunitas pada zamannya dan kemajuan sebuah peradaban adalah pakaian adat Betawi. Betawi adalah suku yang berada di DKI Jakarta dan sekitarnya di daerah provinsi Jawa Barat dan Banten. Karena kebetulan saya lahir di Bekasi, tak ada salahnya kali ini saya akan mencoba menggunakan baju jawara hasil hunting di toko online kemarin 😀

Mengawal Sepeda Hias

Mengawal Sepeda Hias

Keberadaan masyarakat Betawi Bekasi merupakan proses panjang dari pembauran masyarakat di Bekasi sehingga lahir kebudayaan Betawi Bekasi. Bekasi adalah kota industri, dimana banyak saudagar-saudagar dari luar seperti Arab, Portugis, Cina, Arab yang berdagang di Jakarta. Masyarakat luar Jakarta juga banyak yang berdagang di Jakarta seperti Bali, Madura, Jawa, Sunda. Keberadaan mereka yang secara langsung bersentuhan menciptakan kebudayaan baru yaitu kebudayaan Betawi. Salah satu kebudayaan Betawi itu adalah mengenai pakaian adat Betawi. Eits jangan salah, untuk bahasa Betawi Bekasi juga ternyata berbeda dengan bahasa Betawi Jakarta seperti yang pernah saya bahas ditulisan saya yang terdahulu.

Centeng Panggung

Centeng Panggung

Pakaian adat Betawi banyak dipengaruhi oleh berbagai negara lain. Hal itu dikarenakan Betawi adalah pencampuran budaya dari berbagai negara. Ada beberapa macam pakaian Betawi yang ada saat ini diantaranya adalah pakaian adat Betawi sehari-hari untuk laki laki adalah baju Koko atau disebut Sadariah. Baju Koko Betawi berwarna polos, memakai celana batik berwarna putih atau hitam, memakai selendang yang dipakai dipundak dan peci hitam sebagai identitas Kebetawian. Pakaian adat untuk perempuan yang dipakai sehari-hari yaitu baju kurung berlengan pendek, kain sarung batik, kerudung.

Selain itu, ada juga pakaian adat untuk pengantin laki-laki masyarakat Betawi yang dipengaruhi oleh kebudayaan Arab, Melayu dan Cina yaitu Dandanan care haji. Pakaian ini adalah jubah dan tutup kepala dan diadaptasi dari pakaian haji. Jubah terbuat dari bahan beludru sedangkan tutup kepala terbuat dari sorban yang disebut juga alpie. Untuk pakaian pengatin perempuan di Betawi disebut rias besar dandanan care none pengantin cine. Pakaian ini juga sedikitnya mirip dengan pakaian pengantin perempuan di Cina. Pakaian pengantin yang dipakai oleh kalangan bangsawan di Cina.

Bahan pakaian pengantin perempuan rias besar dandanan care none pengantin cine adalah baju yang dikenakan blus, bawahannya adalah rok berwarna gelap. Pelengkap pakaian ini adalah bagian kepala dirias dengan tambahan kembang goyang dengan motif hong dengan sanggul palsu dan cadar sebagai penutup setengah wajah. Selain itu perhiasan juga menjadi asesoris pakaian pengantin perempuan seperti manik-manik dan gelang.

Ayo lestarikan budaya BEKASI… !!!

Sumber : Disini

~RTM
01-09-2015

Iklan

8 thoughts on “Baju Pangsi Betawi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s