Melewati Sidang Proposal Tesis

Presentasi Proposal Tesis

Presentasi Proposal Tesis

Alhamdulillah, minggu 08 november 2015 saya telah rampung menyelesaikan sidang proposal tesis dikampus. Meski harus terseok-seok menghadapi cecaran pertanyaan dari dosen penguji, fase tersebut saya lalui dengan baik. Anehnya, untuk sidang kali ini saya tidak merasa gugup sama sekali. Tidak seperti presentasi atau sidang-sidang sebelumnya yang mengharuskan saya membawa handuk untuk menyeka keringat, padahal suhu didalam ruangan sidang sangat dingin bahkan cukup membuat penghuni didalamnya sedikit merasa terkena hypothermia.

Apakah mungkin karena sudah berpengalaman dalam melakukan sidang ketika sidang sarjana dulu, atau mungkin karena persiapan saya dalam menghadapi sidang kali ini cukup baik sehingga tak sedikitpun ada rasa ragu ketika pemimpin sidang memanggil nama saya untuk melakukan presentasi penelitian. Padahal jika dilihat, para dosen penguji adalah mereka yang telah berpengalaman dan semuanya bergelar doktor. Awalnya sih sedikit ngeri jika melihat deretan nama dosen penguji, apalagi salah satunya adalah mantan dirjen perhubungan serta mantan menteri dikabinet presiden KH. Abdurahman Wahid. Bagaimanapun juga, mereka dulunya adalah mahasiswa juga seperti saya yang mungkin ketika beliau-beliau hendak menyelesaikan studinya tentu menghadapi rasa grogi seperti saya juga.

Alhasil meski nilai sidang proposal belum keluar hingga saat ini, saya bisa berbesar hati karena telah melewati satu tahap untuk menyelesaikan studi saya yang sudah kelewat 1 semester. Maklum, kondisi saat ini adalah sebagai pekerja hingga tidak begitu fokus untuk menyelesaikan penelitian. Apalagi beberapa bulan kebelakang sebagai seorang pekerja, saya harus melakukan tugas luar kota seperti ke Padang, Tanjung Tabalong, Surabaya dan kota lain dalam beberapa minggu. Sehingga jatah untuk bimbingan yang seharusnya saya lakukan mau tidak mau harus menunggu hingga saya menyelesaikan tugas kantor. Jadilah, masa studi harus ditambah lagi dan mau tidak mau biaya juga harus kembali dikeluarkan.

Melewati fase proposal tesis ini memang sedikit sulit, karena hampir 10 tahun lebih saya tidak bergelut dengan ilmu pengetahuna dan jurnal teknologi. Apalagi untuk penelitiannya diharuskan memakai jurnal-jurnal internasional yang dikeluarkan 5 tahun ke belakang. Meski bahasa Inggris saya “little-little I can”, kali ini akan saya paksakan sampai titik kemampuan saya. Beruntung, tema yang saya ambil yaitu “Rancang bangun mesin stirling tipe gamma sebagai tenaga penggerak kipas angin” belum ada yang meneliti, hingga ketika diajukan judul tersebut langsung di approve oleh si pembimbing. Sehingga melengganglah saya hingga akhirnya bisa melakukan sidang proposal pada awal november kemarin.

Semoga saja dengan diberinya kemudahan dalam mengambil judul tersebut, saya bisa cepat melakukan penelitian dan menyelesaikan studi ini yang sudah cukup banyak menyita waktu dan biaya. Semoga saja…

Bissmillah…

~RTM
12-11-2015

11 thoughts on “Melewati Sidang Proposal Tesis

Tinggalkan Balasan

